Contoh Surat Pemecatan Kerja Karyawan


Bagi Anda yang pernah mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tentu pernah mendapatkan surat pemecatan, baik itu pemecatan karena perampingan pekerja atau karena kinerja yang kurang memuaskan. Dalam artikel ini, penulis akan membahas tentang contoh surat pemecatan atau PHK.

Arti Surat Pemecatan

Surat merupakan sebuah sarana komunikasi dari pihak yang satu dengan pihak lain. Surat sudah ada sejak dulu dan masih digunakan hingga kini. Surat memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah surat pemutusan hubungan kerja atau surat pemecatan karyawan. Surat ini dibuat oleh perusahaan melalui staf HRD atau persaonlaia yang mengurusi bisang kepegawaian dan ditandatangani oleh manager.

Surat pemecatan dapat diartikan sebagai surat yang ditujukan bagi karyawan atau pekerja dari perusahaan yang berisi keputusan pemecatan atau PHK untuk yang bersangkutan. Dalam surat ini, ada beberapa informasi yang dicantumkan seperti identitas karyawan, alasan pemecatan, lamanya bekerja, serta besarnya pesangon yang diberikan perusahaan.

Alasan dari pemecatan tersebut sangat beragam, mulai dari pemecatan karena perusahaan merampingkan karyawan, kinerja karyawan yang kurang memuaskan, masuk masa pensiun, dan sebagainya. Pemutusan hubungan kerja ini bisa terjadi pada kondisi normal dan kondisi tidak normal.

Pada kondisi normal, maksudnya pemutusan hubungan kerja dilakukan bukan karena adanya masalah antara perusahaan dengan karyawan. Sebaliknya, dengan pemutusan hubungan kerja tidak normal yang lebih disebabkan oleh adanya masalah antara perusahaan dengan karyawan yang bersangkutan.

Contoh Surat PHK

PT. Cahaya Abadi

Jalan Cempaka No. 34 Bandung

________________________________________________

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

No. 02/PT. CA/PHK/IV/2013

Dengan ini, PT. Cahaya Abadi memberitahukan bahwa :

Nama           : Suciati

Jabatan       : Staf Produksi

Dengan ini diberitahukan kepada Sdri. Suciati bahwa PT. Cahaya Abadi memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja dengan Anda.

Keputusan ini dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan meliputi kondisi finansial perusahaan yang belum juga stabil, jumlah karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, serta kinerja Anda yang kurang memberikan kontribusi yang penting terhadap kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Demikianlah surat ini dibuat. Atas perhatian dan pengertian Sdri, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Bandung, 20 April 2013

Hormat kami,

PT. Cahaya Abadi

Dibuat oleh,

 

Wita Pawitri                                 Muhammad Ayash

Officer staff                                  Manager

Surat pemecatan memang umumnya memberikan dampak negatif pada karyawan tersebut. Selain  karyawan menjadi tidak memiliki pekerjaan lagi, kesan negatif pun lebih kental pada karyawan tersebut ketimbang mengundurkan diri. Namun, apa pun itu, hendaknya kita mengambil sisi positif dari adanya surat pemecatan ini, mungkin Tuhan memang telah menyiapkan sesuatu yang lebih baik. Bukan hanya itu, surat ini juga basa menjadi sebuah cambukan agar kita menjadi lebih baik lagi.

Demikianlah contoh surat pemecatan karyawan. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Pengobatan Infeksi Telinga pada Anak
Sebelumnya: Inilah Contoh Pengisian Pendaftaran Polri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar