Membuat Contoh Surat Penawaran Harga Komputer


Contoh surat penawaran harga komputer biasanya banyak dijumpai pada saat sebuah perusahaan penjual komputer hendak menawarkan produk mereka ke suatu instansi. Melalui surat penawaran tersebut, diharapkan mampu menarik minat instansi untuk membeli komputer di toko mereka.

Contoh surat penawaran harga komputer ini tentu saja berbeda dengan brosur yang disediakan oleh toko komputer. Brosur lebih ditujukan untuk konsumen umum dan masih menggunakan harga jual secara eceran.

Sementara pada surat penawaran, harga jual yang ditawarkan biasanya sudah mendapatkan potongan. Asumsinya, instansi yang ditawari komputer tersebut akan membeli dalam jumlah besar, sehingga harga jual pun bisa ditekan dari harga eceran menjadi harga grosir.

Isi Surat Penawaran

Dalam sebuah surat penawaran, ada beberapa komponen yang harus ada. Dalam surat penawaran yang harus dicantumkan, antara lain sebagai berikut.

  1. Spesifikasi produk komputer yang akan ditawarkan. Dengan demikian, calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang jenis produk yang akan mereka beli.
  2. Bila perlu, lampirkan keterangan gambar dari produk komputer tersebut. Hal ini terutama bila produk yang akan ditawarkan masih belum banyak dijumpai di pasaran.
  3. Informasi mengenai harga, harus pula dicantumkan secara lengkap. Dengan demikian, konsumen bisa membuat perbandingan dengan penawaran dari pihak lain.
  4. Informasi tentang bagaimana proses pemesanan barang dan jumlah minimal yang bisa dibeli.
  5. Keterangan tentang cara pembayaran apabila ada kesepakatan transaksi dengan pihak konsumen.
  6. Keterangan tentang waktu pengiriman sejak proses pembayaran dilakukan dan sistem pengiriman barang.
  7. Informasi tentang layanan purna jual dan kelebihan produk.

Bentuk Surat Penawaran

Untuk surat penawaran ini sendiri bisa dibuat dengan menggunakan beberapa macam cara. Yang pertama adalah dengan cara mencetak dalam bentuk proposal penawaran. Dengan cara ini, calon konsumen bisa membaca informasi yang sudah diprint tersebut sebelum mereka menentukan pilihan.

Pilihan kedua dari surat penawaran adalah dengan menggunakan media surat elektronik. Pengiriman penawaran dengan media surat elektronik ini bisa dikemas dalam berbagai bentuk. Misalnya dengan  menggunakan format Power Point sehingga bisa lebih menarik minat dari calon konsumen, atau dalam bentuk PDF, agar konsumen bisa mencetak surat penawaran tersebut.

Dengan mengirimkan surat penawaran melalui surat elektronik, bisa memberikan beberapa kemudahan. Selain waktu yang singkat, juga bisa dikemas dengan tampilan yang menarik.

Selanjutnya : Tentang Ilmiah - Seputar Pembuatan Karya Ilmiah
Sebelumnya: Sehat dengan Olahraga Senam Kebugaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar