Contoh Surat Perintah Produksi


Bagaimana contoh surat perintah produksi? Di dunia perusahaan produksi, dikenal perusahaan yang melakukan produksi berdasarkan pesanan. Perusahaan produksi pesanan ini hanya memproduksi barang-barang tertentu dengan ukuran dan desain tertentu sesuai dengan pesanan konsumen. Perusahaan jenis ini berbeda dengan perusahaan produksi standar yang membuat produk sesuai dengan perencanaan yang mereka buat, lantas memasarkannya sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain.

Nah, dalam sebuah perusahaan yang memproduksi suatu barang, dikenal adanya istilah surat perintah produksi. Surat ini dibuat oleh pihak manajemen atau departemen perencanaan di sebuah perusahaan kepada bagian produksi untuk memproduksi sejumlah barang dengan menggunakan meterial yang sudah ditentukan.

Format surat perintah ini terdiri dari nama bagian yang memberi perintah, nama bagian yang menerima perintah, jenis produk yang hendak di produksi dan bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi.

Surat Perintah Produksi

Surat bisa berbentuk kolom-kolom yang menyajikan produk-produk yang hendak diproduksi atau juga bisa berupa surat sederhana yang berisi keterangan tersebut. Berikut ini contoh surat perintah produksi selengkapnya.

Departemen Perencanaan
PT. Helmet Hi-Tech

Perihal    : Surat Perintah Produksi
No SPI    : 01/06/13

Sesuai dengan perencanaan produk Helmet Hi-tech Versi 03 yang sudah selesai dilakukan, maka diperintahkan kepada Departemen produksi untuk memproduksi:
Nama Produk    : Helmet Hi-tech Versi 03
Jumlah        : 200 unit
Ukuran        : M dan L
Mulai        : 21 Agustus 2013
Bahan-bahan    : Carbon fiber

Mengetahui
Kepala Departemen Perencanaan

Selain merupakan bagian dari alur kerja, contoh surat perintah produksi ini juga digunakan untuk pengawasan dan pengendalian produksi. Departemen yang berwenang menjalankan produksi memiliki spesifikasi yang jelas mengenai produk yang akan mereka buat, jumlah produk yang harus diproduksi, bahan yang digunakan dan bisa mempertanggungjawabkan kegiatan yang mereka lakukan.

Sementara itu departemen perencanaan memiliki arahan yang jelas mengenai produk yang dirancang dan siap dikerjakan oleh departeman produksi. Oleh karena itu surat perintah ini bisa dilengkapi pula dengan lampiran desain produk dan spesifikasi produk secara terperinci. Dengan demikian bisa dihindari kesalahan memproduksi suatu produk akibat perintah yang tidak jelas.

Selanjutnya : Contoh Makalah Pancasila dan Permasalahannya
Sebelumnya: Amati Penyebab Penyakit Hepatitis B
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar