Contoh Surat Permohonan Dana Penelitian

Contoh surat permohon dana penelitian ditulis ketika seorang peneliti membutuhkan bantuan dana dari Pemerintah atau instansi-instansi. Biasanya instansi-instansi yang dituju adalah instansi yang masih ada kaitannya dengan tema penelitian. Dengan mengajukan surat permohonan, maka sama halnya pemohon meminta sejumlah dana yang akan digunakan untuk membantu kelancaran dalam kegiatan penelitian yang hendak dilakukannya.

Mengajukan surat permohonan terlebih dahulu dianggap sebagai salah satu cara tersantun dalam meminta bantuan. Umumnya, mereka yang mengerti adab kesopanan akan melakukan cara-cara yang santun dalam mengharap bantuan. Sekalipun bantuan itu tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja. Tapi juga untuk kepentingan penelitian yang dilakukan suatu lembaga sekalipun.

Surat permohonan dana penelitian termasuk surat resmi. Itu sebabnya, format yang digunakan dalam penulisannya tidak ada bedanya dengan surat-surat resmi lainnya. Di dalamnya harus mencakup kepala surat, badan surat, dan kaki surat. Begitu pula dengan penggunaan bahasa di dalam surat. Pemohon wajib menulis kalimat-kalimat dalam bahasa formal/ baku. Serta hindari kesan basa-basi yang berlebihan.

Contoh Pembuatan Surat Permohonan Dana Penelitian

Contoh surat permohonan dana penelitian adalah seperti berikut ini:

Pekanbaru, 06 Desember 2013

Kepada    : Yth. Bapak Walikota Pekanbaru

Di Tempat

Perihal    : Permohonan bantuan dana penelitian kesehatan reproduksi remaja

Dengan hormat,

Saya, Siti Wulandari, adalah mahasiswi  tingkat akhir Universitas Kusuma Dharma Pekanbaru dan bertempat tinggal di Pekanbaru.

Saat ini saya dan tim dari lembaga Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Kusuma Dharma sedang melakukan penelitian seputar kesehatan reproduksi remaja. Adapun objek sasaran penelitian adalah pelajar-pelajar tingkat SMA negeri dan swasta yang ada di seluruh kota Pekanbaru. Hasil penelitian nanti akan kami tujukan ke dinas kesahatan guna dijadikan dasar pertimbangan rancangan program kerja di waktu yang akan datang.

Melalui pengajuan surat permohonan ini, saya mengharapkan Bapak Firdaus selaku walikota Pekanbaru berkenan memberikan bantuan demi kelancaran kegiatan penelitian ini dilakukan. Dengan adanya bantuan yang Bapak berikan maka usaha saya dan tim dalam memperoleh data semakin maksimal. Sehingga data yang diperoleh benar-benar bisa dipergunakan untuk kepentingan bersama.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya telah melampirkan:

1.    1 Lembar deskripsi mengenai penelitian yang sedang dilakukan, lengkap dengan data-data pendukungnya.

2.    1 lembar fotokopi identitas saya selaku mahasiswi sekaligus ketua peneliti

Demikian surat permohonan bantuan dana ini saya sampaikan. Jika ada kata-kata yang sekiranya kurang santun dalam surat ini, saya haturkan maaf setulus-tulusnya. Atas segenap perhatian Bapak, saya haturkan terimakasih.

Hormat saya,

Siti Wulandari

Demikian salah satu contoh surat permohonan dana penelitian. Semoga dapat membantu Anda yang ingin mengajukan surat yang sama.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Surat Rekomendasi S2 UNPAD
Sebelumnya: Cara Mengganti Tampilan Layar Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar