Contoh Surat Permohonan Delegasi dalam Organisasi


Contoh Surat Permohonan Delegasi dalam Organisasi

Membuat acara berskala kecil atau besar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan di suatu organisasi. Tidak jarang, demi menyukseskan suatu acara, organisasi tertentu mengundang organisasi lainnya untuk berpartisipasi. Bagaimana caranya? Berikut contoh surat permohonan delegasi dalam organisasi.

Perkumpulan Kemartian RT 1
Perumahan Surya Akbar 2, Talang Jambe

No    : 1/06/2013
Lamp    : 2 lembar
Hal    : Permohonan Delegasi

Kepada
Yth.
Di tempat

Assalamu’alaikum wr.wb

Dalam rangka menyambut Ramadhan 1434H, panitia kegiatan penyelenggaraan pengurusan jenazah akan mengadakan pelatihan mengurus jenazah. Demi memasyarakatkan pengetahuan dan semangat mengurus jenazah, pelatihan itu akan diselenggarakan pada:

Hari        : Ahad
Tanggal    : 30 Juni 2013
Tempat    : Masjid Raya Talang Jambe
Pukul        : 13.00 – 15.00

Demikian surat permohonan pengiriman delegasi ini disampaikan. Setiap organisasi bisa mengirimkan maksimal 5 orang delegasi. Hal ini mengingat keterbatasan tempat dan pelatih. Atas perhatian Bapak/Ibu pihak panitia mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Talang Jambe, 19 Juni 2013

Panitia

Bahasa dan Waktu Pengiriman Surat Permohonan Delegasi
Bahasa dalam surat permohonan delegasi itu diusahakan tidak bertele-tele. Langsung pada pembahasan. Namun, surat permohonan delegasi itu bisa dibuat lebih singkat atau pun lebih panjang dan lengkap. Hal ini bergantung pada kebutuhan.

Pengiriman surat permohonan akan lebih baik seminggu sebelum acara diselenggarakan. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pihak yang diundang untuk mempersiapkan diri. Kalau terlalu mepet pada waktu penyelenggaraan, pihak yang diundang mungkin tidak mempunyai kesempatan menentukan siapa yang paling pantas dikirim.

Apalagi kalau surat permohonan delegasi itu untuk kegiatan perlombaan. Bila hanya pelatihan, biasanya akan lebih mudah untuk menunjuk siapa yang harus dikirim. Untuk perlombaan, harus mengirim orang yang memang mampu melakukan tugas dan bukan hanya sekadar menjadi peserta perlombaan.

Semakin jauh jarak hari H dengan waktu pengiriman surat, akan lebih baik. Organisasi yang teratur dan tertata dengan baik tidak akan menyiakan setiap undangan yang datang. Ada tempat dan waktu khusus yang disediakan oleh pengurus untuk membahas undangan yang masuk. Inilah yang membedakan organisasi yang dikelola secara profesional dengan yang seadanya saja.

Demikianlah artikel singkat tentang Contoh Surat Permohonan Delegasi dalam Organisasi. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Contoh Surat Resmi dengan Menggunakan Kop Surat
Sebelumnya: Contoh Resensi Non Fiksi Buku Rindu Rasul
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar