Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Sunda


Surat undangan adalah jenis surat resmi dengan menggunakan bahasa ragam baku yang bersifat komunikatif untuk mengundang seseorang agar dapat hadir dalam suatu acara atau kegiatan yang kita lakukan. Contoh surat undangan terdiri atas surat undangan pernikahan, surat undangan khitanan, surat undangan rapat, atau surat undangan untuk pertemuan tertentu. Bagi sebagian orang membuat surat undangan sangatlah mudah. Namun bagi sebagian yang lain, membuat surat undangan bisa membuat pusing kepala. Apalagi surat undangan berbahasa Sunda buhun. Dalam artikel ini akan disajikan contoh surat undangan dalam bahasa Sunda.

Bahasa Sunda termasuk salah satu bahasa daerah di Jawa Barat yang sudah jarang dipelajari anak-anak zaman sekarang. Di Jawa Barat Sendiri, penuturan bahasa Sunda sudah mulai bercampur dengan bahasa Indonesia. Hal ini karena anak-anak sebagai generasi muda mulai dibiasakan bicara bahasa Indonesia. Sehingga, jangankan mengerti bahasa Sunda buhun (dulu) yang penuturannya sudah semakin pudar, bahasa Sunda sehari-hari saja kadang masih sering dituturkan bercampur dengan bahasa Indonesia.

Pada dasarnya, penulisan surat undangan dalam bahasa Sunda ini hampir sama dengan bahasa Indonesia. Hanya saja, bedanya bahasa Sunda perlu menggunakan aturan basa/tata krama basa. Dalam bahasa Sunda, undangan disebut dengan uleman. Adapun bagian-bagian surat undangan dalam bahasa Sunda yaitu: titi mangsa (tanggal), tempat, alamat, (bubuka, eusi jeung panutup surat), tanda tangan. Contoh surat undangan/uleman dalam bahasa Sunda adalah sebagai berikut.

Cianjur, 28 Juni 2013
Kahatur
Anu ku sim kuring dipihormat,
Bapak/Ibu ……………………
Di tempat

Sinareng Hormat,
Assalamualaikum wr.wb.
Puji sinareng syukur urang sami-sami panjatkeun kahadirat illahi robbi, sholawat miwah salam mugia dilimpahkeun ka junjungan alam nabi besar Muhammad saw., ka para sohabatna, sareng umatna dugika akhir zaman. Amin.
Manawi dina kasempatan ieu sim kuring bade ngulem seja gaduh maksad bade ngayogikeun syukuran khitanan/sunatan pun anak. Kukituna mugia luntur galih sumping ka rorompok, anu Insya Allah baris didugikeun dina:
Dinten/Kaping     : Minggu, 7 Juni 2013
Waktos      : Tabuh 10.00 – 17.00 wib
Tempat         : Jl. Pangeran Hidayatullah No. 59 – Cianjur
Tansyah hibar pangdu’a anu kasuhun, kana kaweningan galih sadaya, timpah hatur sewu nuhun laksa keti kabingahan. Mugia dina waktosna Bapa/Ibu/Saderek ngersakeun sumping ka rorompok riung mungpulung ginanjar kawilujengan ginuluran rakhmat Allah kalayan aya dina karidoan manten-Na kanggo urang sadaya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Selanjutnya : Ketentuan-ketentuan Surat Kuasa dan Surat Kuasa Hibah
Sebelumnya: Suprastruktur Politik Lembaga Negara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar