Contoh Susunan Acara 17 Agustusan


Acara 17 Agustus menjadi sebuah acara yang selalau dijadikan sebagai acara tahunan. Acara ini termasuk ke dalam bentuk acara yang spesial dan tak pernah ketinggalan. Hal ini dilatarbelakangi acara 17 Agustusan adalah untuk memperringati kemerdekaan negara dan bangsa ini. Dalam menyusun acara 17 agustusan perlulah untuk mengetahui contoh susunan acara 17 agustusan.

Susunan acara yang diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan negara ini terbagi menjadi beberapa susunan disesuaikan dengan jenis dari acara yang ada. Karena memang terdapat beberapa jenis acara yang berkaitan dengan acara 17 agustusan. Selain dari jenis acara itu sendiri, tempat diselenggarakan acara juga akan sangat memberikan pengaruh terhadap susunan dari acara yang akan dibuat.

Susunan acara ini biasanya dibuat oleh seksi acara dan dibacakan oleh pembawa acara. Semua susunan di dalam acara yang sedang berlangsung adalah untuk melibatkan semua komponen di dalam acara 17 agustusan ini. Berikut ini adalah beberapa jensi acara yang biasanya dilangsungkan di dalam peringatan 17 agustusan beserta contoh susunan acara 17 agustusannya.

Malam Tirakatan

Acara ini biasanya dilakukan pada tanggal 16 Agustus di malam hari menjelang pergantian hari tanggal 17 Agustusan. Inti dari acara ini adalah untuk mengenang dan menyongsong pergantian hari sampai menuju hari esok yaitu tanggal 17 agustus yang merupakan hari yang sakral bagi Indonesia.

Susunan acaranya dapat berupa sambutan-sambutan dari pihak yang bersangkutan di dalam jalannya acara tirakatan ini dan juga disesuaikan dengan tempat penyelenggaraan. Misalnya sambutan dari kepala desa, sambutan dari kepala RW atau sambutan dari kepala panitia. Serta acara intinya adalah mengheningkan cipta sebagai refleksi dari tirakatan yang dijalankan.

Pentas Seni

Di sebagian wilayah Indonesia, perayaan 17 Agustus juga identik dengan banyaknya acara pertunjukan seni yang dilakukan, mulai dari tingkat kampung atau desa hingga tingkat yang lebih tinggi lagi. Acara ini adalah untuk mempertontonkan seni dan bakat yang dimiliki oleh setiap generasi muda.

Susunan acaranya dapat berupa pembukaan, pembacaan doa, sambutan-sambutan dari pihak yang ikut serta di dalam berlangsungnya acara ini, serta acara inti adalah pertunjukan seni yang dibawakan oleh beberapa orang yang telah ditunjuk untuk melakukannya, acara yang terakhir adalah doa dan penutup.

Inilah contoh susunan acara 17 agustusan yang biasa ada di dalam banyaknya acara untuk menyambut dan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia tercinta. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat.

Selanjutnya : Lagu-lagu Barat yang Melegenda
Sebelumnya: Lagu Malaysia yang Enak Di Dengar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar