Contoh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) adalah tanggung jawab perusahaan yang tidak hanya pada konsumen, pemegang saham, dan karyawan saja, tetapi juga tanggung jawab pada lingkungan. Contoh tanggung jawab sosial perusahaan bisa dalam bidang pendidikan atau sosial kemasyarakatan.

CSR memiliki kaitan pada sebuah argumentasi jika suatu perusahaan dalam pelaksanaan aktivitasnya dan pembuatan keputusannya bukan saja berdasar faktor keuangan, tetapi juga pada akibat sosial atau tanggung jawab pada lingkungan dalam jangka panjang.

Konsep Tanggung Jawab Sosial

Konsep tanggung jawab sosial ini muncul dikarenakan adanya karakter alami suatu perusahaan yang mencari keuntungan, namun tidak memikirkan kondisi sosial atau kesejahteraan karyawan, dan masyarakat juga lingkungan di sekitarnya.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya kesadaran tentang pentingnya tanggung jawab sosial pun muncul karena tanggung jawab sosial tersebut juga tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan perusahaan di masa mendatang.
Tanggung jawab sosial perusahaan dapat diartikan sebagai suatu konsep bahwa perusahaan berkewajiban untuk memperhatikan adanya kepentingan sosial stake holder yang berkaitan dengan perusahaan, tidak hanya mencari keuntungan semata. Stakeholder disini yang dimaksud adalah seperti karyawan, komunitas lokal, pemerintah, LSM, dan lain-lain.

Meskipun begitu, tak jarang pula jika konsep tanggung jawab sosial perusahaan ini dijadikan sebagai alat iklan, promosi, dan mengangkat citra perusahaan. Padahal pemberian sumbangan atau donasi belum tentu bisa dianggap sebagai tanggung jawab sosial perusahaan, karena tanggung jawab sosial itu haruslah berkesinambungan, bukan temporer.

Lalu tanggung jawab sosial seperti apa yang harus dilaksanakan? Perusahaan harus menganalisa agar mendapatkan suatu acuan yang dibutuhkan agar keberadaan perusahaan memang memberikan dampak positif untuk stakeholder.
Perusahaan haruslah berkomitmen untuk melakukan tanggung jawab sosial dengan memasukkannya ke dalam perencanaan strategis, karena tanggung jawab sosial ini harus berada pada aturan yang berjalan untuk mencapai pemerintahan perusahaan yang bagus.

Tanggung jawab sosial semestinya harus dikelola oleh suatu divisi khusus pada perusahaan untuk mendapatkan hasil yang transparan dan dapat diukur kinerjanya. Divisi ini juga harus bisa menjalin kerjasama serta hubungan yang baik dengan stakeholder.

Perusahaan harus bisa memberikan contoh tanggung jawab sosial perusahaan yang baik, dikarenakan tanggung jawab perusahaan menjadi tolak ukur perusahaan di masa yang akan datang, baik itu di bidang komersil atau non komersil. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Phnom Penh, Ibukota Negara Kamboja yang Indah
Sebelumnya: Menanam Tanaman Buah Manggis dalam Pot
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar