Contoh Tata Tertib Guru dan Sanksinya

Guru adalah teladan di dalam pendidikan. Karena memang guru yang menjadi komponen utama dalam pendidikan itu sendiri. Namun, guru juga adalah manusia biasa yang dapat melakukan kesalahan atau kekhilafan. Dalam melakukan hal ini maka diperlukan adanya contoh tata tertib guru dan sanksinya.

Seperti halnya fungsi dan peran dari sebuah tata tertib atau aturan adalah untuk memberikan efek jera kepada si pelaku kesalahan serta memberikan shock terapi kepada orang lain untuk tidak melakukan hal serupa, jika tidak maka hukuman atau sanksi yang diberikan akan dirasakan kepada orang tersebut.

Begitu pula dengan tata tertib yang diterapkan kepada seorang guru. Tata tertib ini adalah untuk mengatur semua perilaku yang dijalankan oleh seorang guru di dalam lingkungan pendidikan tertutama ketika berada di sekolah. Sanksi yang diberikan juga diharapkan mampu untuk menjadikan pencegah bagi guru yang lain untuk tidak melakukan hal yang serupa.

Hal ini dilatarbelakangi, karena memang posisi guru adalah sebagai tauladan dari semua murid. Untuk itu, diperlukan sebuah sanksi yang menimbulkan kesadaran dalam diri guru serta kebaikan bagi orang lain terutama siswa didik.

Tata Tertib Sanksi Guru

Ada banyak sekali jenis dan contoh tata tertib yang harusnya dipenuhi oleh guru ini. Namun intinya adalah bahwa setiap guru harus mampu untuk memenuhi kewajiban dalam pendidikan dengan baik. Serta menyampaikan pendidikan dengan baik disertai contoh yang juga baik.

Hal ini dapat berkaitan dengan jam kerja guru, guru harus datang tepat waktu. Kemudian guru harus mengajar di jam pelajaran yang telah ditentukan dengan baik, memakai pakaian yang sopan dan rapi, serta menunjukan perilaku yang baik sebagai pendidik.

Sanksi yang diberikan ketika guru melanggar tata tertib di atas maka akan disesuaikan dengan kebijakan dari instansi pendidikan di mana guru tersebut bernaung. Biasanya yang diberikan adalah teguran, peringatan atau bahkan pemecatan.

Guru PNS

Guru PNS adalah guru yang telah memperoleh jabatan sebagai Pegawai negeri Sipil. Tata tertib yang diberikan terhadap guru ini adalah untuk tidak melanggar sumpah dan kode etik guru atau tidak menjalankan kewajibannya dalam kurun waktu tertentu. Hal ini telah diatur di dalam UU Nomor 14 Tahun 2005. Dan ketika guru melanggar hal ini, yang dilakukan juga beragam melihat pelanggaran yang terjadi. Inilah beberapa contoh tata tertib guru dan sanksinya.

Selanjutnya : Ciri Autisme pada Anak Sejak Dini
Sebelumnya: Nama Keren Berdasarkan Bintang Leo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...