Contoh Teater di Indonesia


Apa saja contoh teater? Teater dapat diartikan secara luas sebagai pertunjukan yang ditonton oleh banyak orang. Contoh  dari teater misalnya saja lenong, wayang, sulap, debus, reog dan lain sebagainya.

Selain itu, dalam arti sempit teater dapat diartikan sebagai suatu kisah kehidupan yang dipertontonkan dalam bentuk pertunjukan yang dilihat oleh orang banyak. Biasanya disertai naskah yang digunakan sebagai panduan dalam pentas yang diringi musik, tarian maupun nyayian.

Teater ialah salah satu dari bentuk kegiatan manusia yang dengan sadar menjadikan tubuhnya sebagai unsur yang utama dalam menyatakan diri.

Diwujudkan ke dalam suatu karya seni pertunjukan dengan ditunjang oleh unsur suara, gerak, bunyi serta rupa. Di ikat menjadi sebuah cerita kehidupan anak manusia. Di Indonesia, aliran teater bisa di bagi dalam beberapa jenis.

1. Teater Rakyat, yakni teater yang mendapat dukungan dari masyarakat di kalangan pedesaan. Ia tampil sebagai hiburan bagi rakyat.

Teater ini memiliki bentuk yang bebas dan tidak terikat dengan kaidah sebuah pertunjukan yang biasanya bersifat kaku. Pada teater rakyat sifatnya spontan dan banyak dilakukan improvisasi oleh pemainnya. Contoh : ketoprak, ludruk dan lenong

2. Teater Keraton, yakni teater yang lahir serta berkembang di lingkungan kraton maupun kaum priyayi. Pertunjukan pun bersifat terbatas hanya di lingkungan kraton.

3. Teater Urban, merupakan jenis teater yang lahir dari dari kelompok-kelompokdi dalam  masyarakat. Teater ini merupakan sebuah kebutuhan dan produk baru. Masih membawa idiom bentuk keratin dan rakyat.

4. Teater kontemporer merupakan teater yang tampil dengan peranan manusia dan bukan sebagai tipe namun sebagai individu. Terkandung sebuah potensi yang amat besar yang tumbuh dengan kreatifitas tinggi.

Pendukung dari teater ini masih lumayan sedikit, yakni mereka adalah orang-orang yang bergelut dan mengabdikan diri di bidang teater.

Di Indonesia sendiri, berteater adalah kegiatan yang banyak digeluti secara turun temurun. Ia tumbuh dan berkembang dari orang- orang dengan turun menurun.

Kegiatan teater dapat bertahan sesuai dengan adanya kebutuhan dari masyarakat yang memiliki hubungan erat dengan budaya bertani. Tidak lepas pula unsur ritual dari kesuburan tanah dan siklus kehidupan manusia dari masa ke masa maupun sebagai sebuah hiburan.

Misalnya saja untuk menanam padi biasanya diadakan upacara khusus agar padi dapat tumbuh dengan subur. Serta terjaga dari gangguan-gangguan.

Selain itu juga ada upacara-upacara peringatan dalam tingkat hidup seseorang. Misalnya upacara kelahiran, kematian, khitan, dan lain-lain. Hal ini selalu ditandai dengan adanya teater-teater berupa penampilan nyanyian, tarian maupun cerita lainnya.

Demikianlah beragam macam teater yang terdapat di Indonesia mulai dari desa hingga kota. Semoga bemanfaat.

Selanjutnya : Diet Garam Dan Gula
Sebelumnya: Pengertian Rumah Adat Suku Batak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar