Sebuah Contoh Teks Ceramah Shalat Jumat


Berikut sebuah contoh teks ceramah shalat Jumat yang berbicara tentang orang yang menginginkan kebahagiaan.

Hadirin sholat jum’at yang kami hormati.

Kita semua mendambakan kebahagiaan hidup. Hanya bedanya ada manusia yang mendambakan kebahagian hidup di dunia saja. Dan ada juga manusia yang mendambakan kebahagiaan hidup tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat sana.

Manusia yang mencari kebahagian hidup di dunia, mereka akan merasa puas kalau segala kebutuhan jasmaninya terpenuhi. Uang yang banyak misalnya atau keadaan materi yang berlimpah, Hidup jadi bergelimang kenikmatan duniawi. Dan terhadap urusan akhirat mereka melupakan diri.

sholat jumat

Inilah golongan orang yang tidak pernah memikirkan akherat. Padahal akherat akan menjadi  hidup abadinya kelak. Jadinya, kebahagiaan materi yang mereka dapatkan di dunia pun menjadi tidak berkah. Hatinya merasa gundah. Kemudian malah timbul sifat-sifat tercela seperti sombong, egois dan tidak punya perasaan belas kasih.

Memang, dalam hal kebahagiaan di dunia, boleh-boleh saja seseorang meminta keinginan duniawi. Contohnya, istri yang cantik, rumah yang bagus, ilmu yang bermanfaat dan lain sebagainya. Yang penting, doa itu tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Tetapi ada juga manusia yang mendambakan kebahagiaan yang komplit. Mereka ingin menemukan cara agar tidak hanya hidup berbahagia di  dunia saja, tetapi juga di akherat nanti. Mereka berdoa :

sholat jumat 2

Ada bermacam-macam doa untuk kebahagiaan akherat. Bisa berupa permohonan untuk dilindungi dari bencana-bencana yang akan dilalui di akhirat nanti dan lain sebagainya. Yang pada ujungnya berpuncak pada sebuah tujuan mulia yaitu surga-Nya.

Intinya, memohon doa dan mencari kebahagiaan itu boleh-boleh saja. Hanya perlu dilakukan secara berimbang. Makanya, sebagai seorang muslim hendaknya mempunyai tujuan yaitu hidup berbahagia di dunia dan akhirat kelak. Keduanya harus berimbang. Mengejar kebahagiaan akhirat saja dengan meninggalkan kebahagiaan dunia pun tidak dianjurkan. Begitu pun sebaliknya. Kedua kebahagiaan itu harus melangkah serentak agar tercapainya kebahagiaan yang hakiki.

Itulah sebuah contoh teks shalat Jumat yang isinya sarat manfaat agar kita tidak hanya peduli pada salah satu sisi kehidupan saja. Dunia dan akhirat sama pentingnya.

Selanjutnya : Sejarah Ardi Pithecanthropus Ramidus, Manusia Purba Pertama
Sebelumnya: Macam-Macam Fakultas Teknik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar