Contoh Teks Khotbah Islami Singkat


Contoh teks pidato Islami singkat ini salah satunya bisa kita temukan pada saat pelaksanaan ibadah shalat Jumat. Dalam ibadah shalat Jum’at, selalu ada khotbah yang menjadi bagian dari rukun Shalat Jumat. Proses penyampaian kkhotbah Jum’at sendiri dianjurkan dilakuan dengan cara yang singkat danjelas sehingga jamaah shalat Jumat tidak merasa bingung.

Dalam khotbah Jumat, biasanya khatib akan menyampaikan materi khotbah tidak terlalu lama. Rata-rata seorang khatb menyampakan khotbah tersebut dalam waktu 30 menit yang dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat Jumat.

Menyampaikan pidato Singkat

Untuk bisa menyampaikan pidato dalam khotbah secara singkat dan jelas, tidak semua khatib mampu melakukannya. Tak jarang ada khatib yang justru menyampaikan materi khotbah secara melebar dari materi utama. Hal ini membuat waktu pelaksanaan khotbah menjadi bertambah panjang. Di sisi lain, jamaah sholat Juumat bisa jadi akan merasa bingung dengan materi yang disampaikan oleh khatib tersebut.

Oleh karena itu, dalam menjaga agar penyampaian khotbah Jumat bisa berjalan dengan baik, seorang khatib harus memahami beberapa teknik. Teknik yang bisa dilakukan seorang khatib tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Menuliskan materi yang akan disampaikan dalam khotbah. Dengan demikian, khatib cukup membaca materi tersebut agar tidak melebar ke berbagai masalah lain yang tidak berhubungan dengan materi utama khotbah.
  2. Menyampaikan dengan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele. Dalam satu kalimat, sebaiknya hanya menggunakan maksimal 27 kata atau sama dengan sepenarikan nafas.
  3. Memperhitungkan waktu. Tak ada salahnya saat berkotbah, khatib melakukan sambil melihat estimasi waktu atau jam yang ada di dinding masjid. Dengan demikian, bisa diperhitungkan masa khobtah tersebut agar tidak terlalu lama.

Rukun Khotbah

  1. Membaca hamdalah dan shalawat pada kedua khotbah.
  2. Membaca wasiat untuk taat pada Allah pada khotbah pertama dan khotbah kedua. Baik wasiat untuk khatib atau juga wasiat yang ditujukan kepada seluruh jamaah yang ada di masjid.
  3. Membaca ayat Al Qur’an pada salah satu khotbah
  4. Pada akhir khotbah kedua, khatib membacakan doa. Dimana doa tersebut dimaksudkan untuk semua umat Islam di dunia. Sebab, dalam ajaran Islam semua umat Islam merupakan satu kesatuan dan saling bersaudara.

Demikianlah uraian singkat tentang contoh teks khotbah islami singkat ini. Saya harap artikel ini berpengaruh bagi kehidupan religi anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Selanjutnya : Contoh Ucapan Pernikahan untuk Sahabat
Sebelumnya: Contoh Susunan Acara Pernikahan Out Door
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar