Contoh Teori Big Bang


Apa itu Big Bang? Berikut ini akan kita beri contoh teori mengenai hal tersebut. Teori Big Bang banyak disebutkan dalam berbagai literatur pengetahuan semesta alam. Big Bang dapat juga diartikan sebagai dentuman yang dahsyat.

Dalam ilmu kosmologi yang mempelajari semesta alam, Big Bang merupakan salaj satu cabang pengetahuan yang membahas bagaimana alam ini terbentuk dan berkembang. Menurut pengetahuan teori ini, alam semesta terbentuk dari kondisi yang panas dan sangat padat massanya. Kemudian massa tersebut berkembang dan terbentuk selama 13.700 juta tahun lamanya.

Teori Big Bang

Teori Big Bang dipercaya oleh para ilmuwan sebagai awal mula sistem tata surya mulai terbentuk. Teori ini bedasarkan dari pemantuan pada pergerakan berbagai galaksi dalam sistem tata surya yang ada. Hal tersebut dikombinasikan dengan teori relativitas umum.

Ilmuwan juga memperkirakan bahwa alam semesta akan kembali menyusut atau terus berkembang. Dari situ juga diketahui bahwa alam semesta di masa lampau mempunyai kerapatan yang tinggi dan juga suhu yang sangat panas.

Di tahun 1929, salah satu astronom Amerika yang terkenal bernama Edwin Hubble. Melakukan penelitian dan observasi pada pergerakan galaksi yang ada di alam semesta. Ternyata galaksi satu dengan lainnya saling menjauh dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Edwin Hubble inilah akhirnya diketahui, bahwa alam semesta tidak statis sebagaimana yang dipercaya selama ini. Tetapi selalu berkembang dan bergerak. Dari pengetahuan tersebutlah akhirnya teori mengenai Big Bang berkembang.

Alam semesta pada awal mulanya hanya titik nol dengan kerapatan yang sangat dan panas yang tidak terhingga. Kemudian mulai meledak, dan mulai berkembang selama jutaan tahun hingga terbentuk seperti sekarang ini. Dengan berjalannya waktu, alam semesta terus mengembang hingga terbentuk seperti ini dan mulai mendingin.

Laju berkembangnya alam semesta hingga saat ini sekitar 5 % – 10 % per seribu juta tahun. Selanjutanya alam semesta akan tetap berkembang walau dengan laju yang kecil dan semakin kecil. Bilamana alam semesta akan mengalami kontraksi, hal tersebut tidak mungkin terjadi. Bahkan hingga milyaran tahun lagi. Itulah sedikit banyak contoh teori mengenai Big Bang. Semoga pengetahuan ini berguna bagi Anda.

Selanjutnya : Waktu yang Tepat Shalat Taubat Sebelum Maghrib
Sebelumnya: Permainan-Permainan PS2 Terbaik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar