Jambu Biji, Contoh Tumbuhan Akar Tunggal


Akar biasanya tumbuh di bawah tanah, namun beberapa tumbuhan memiliki akar yang berkembang di udara. Bentuk dan struktur akar yang sangat beragam juga dikenal dalam dua jenis yaitu akar tunggal dan akar serabut. Contoh tumbuhan akar tunggal ialah jambu merah, mangga, dan durian. Sedangkan tumbuhan akar serabut ialah jagung, tebu, padi, dan sebagainya.

Tumbuhan Berakar Tunggang

Akar tunggang merupakan akar yang tersusun atas satu akar besar yang menjadi kelanjutan batang, sementara akar lainnya merupakan cabang akar utama. Untuk itu, terdapat perbedaan besar antara akar utama dan akar cabang. Keadaan semacam ini tidak dapat dipisahkan dari fungsi akar sebagai pencari dan penyimpan cadangan makanan.
Akar tunggang biasanya tumbuh menghujam masuk ke dalam tanah umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil.

Tumbuhan yang berasal dari biji atau tumbuhan dikotil dapat dipastikan memiliki akar tunggang.
Sedangkan tumbuhan monokotil beberapa jenisnya juga mempunyai akar tunggang tetapi kemampuan menghujam tanah tidak sekuat tumbuhan dikotil. Peranan akar tunggang sebagai penyanggah batang agar selalu kokoh dapat dilihat dari karakteristiknya yang tegak lurus menghujam ke dalam tanah.

Selain itu, akar tunggang tersebut mengeluarkan cabang-cabang akar yang tumbuh melebar dan menyebar di dalam tanah. Dengan begitu, tumbuhan dikotil yang memiliki daun rindang dan banyak cabang dapat tetap berdiri tegak meskipun terkena tiupan angin atau terjangan banjir.

Secara khusus, jambu biji berasal dari benua Amerika dan tumbuh di wilayah tropis seperti Amerika Serikat dan Meksiko. Indonesia yang termasuk negara tropis juga banyak ditemukan tumbuhan jambu biji yang memiliki sebutan berbeda di daerah tertentu. Ada yang menyebut jambu biji dengan sebutan jambu klutuk, jambu prawas dan sebagainya.

Akar jambu biji termasuk ke dalam jenis akar tunggang yang bercabang (ramosus) berbentuk kerucut panjang. Akar tumbuh lurus ke bawah dan bercabang-cabang dalam jumlah banyak serta cabangnya memiliki akar percabangan yang lebih kecil.

Sistem perakaran yang dimiliki jambu biji memberi keuntungan dalam hal kekuatan lebih besar pada batang dan daerah perakaran luas sehingga mampu menyerap air dan zat-zat makanan lebih optimal.

Demikianlah contoh tumbuhan akar tunggal, semoga memberikan pengetahuan lebih mengenai jenis tanaman berakar tunggal di Indonesia.

Selanjutnya : Blaast, Aplikasi Canggih untuk HP Java
Sebelumnya: Nama Artis Cowok Thailand
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar