Berbagai Contoh Tumbuhan Tahunan


Apa itu tumbuhan tahunan dan contoh tumbuhan tahunan itu seperti apa? Tanaman tahunan biasanya berbunga, germinates, dan mati dalam kurun waktu satu musim atau satu tahun. Tanaman ini mempunyai panjang umur satu tahun atau lebih. Untuk hasil panennya bisa dilakukan lebih dari satu kali.

Tanaman Semusim

Ada jenis tanaman yang butuh beberapa tahun untuk menghasilkan produksi. Tanaman semusim ini dapat hidup lebih lama lagi bila bila dilakukan perlakuan pada pengaturan benihnya. Ada juga tanaman tanpa biji yang dapat dikatakan tanaman semusim, meskipun tanaman ini tidak berbunga sebagaiman mestinya. 

Ketika kita berkebun, tanaman yang kita tanam biasanya hanya bertahan untuk satu musim tanam saja. Seringkali dikaitkan dengan tanaman yang biasa hidup pada musim panas atau musim semi. Banyak sekali tanaman pangan yang bersifat tahunan tumbuhnya.

Tanaman ini juga menghasilkan butir benih, untuk tahun berikutnya. Selain tanaman bersifat tahunan yang bisa kita tanam dikebun, dapat juga kita tanam tanaman dengan waktu dua tahunan untuk berproduksi. Berbagai tanaman yang bersifat tahunan sangat banyak sekali macamnya. Tanaman ini dapat pula kita konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari seperti seledri, peterseli, wortel, petioles, ubi jalar, tomat, paprika lunak dan masih banyak lagi.

Untuk tanaman hias dengan sifat tahunan tumbuhnya, kita bisa menanam berbagai macam bunga seperti coleus petunia, Snapdragon, Pelargonium, lilin begonia, dan impatiens. Selain itu ada tanaman dengan sifat yang beda jenis kelamin, tetapi dalam satu batang tumbuhyang bersifat tahunan juga. Untuk tanaman yang tumbuh dengan bentuk biji-bijian, juga dapat ditanam di kebun dengan menunggu beberapa bulan untuk tumbuh dan berkembang menjadi tanaman jadi.

Sebelum melakukan penanaman di kebun, kita dapat menyemaikan biji-biji tersebut dalam bak semai. Lalu kita letakan di bawah lampu fluorescent selama lebih kurang 5 minggu hingga muncul tunas. Selah itu baru kita pindahkan biji yang sadah bertunas tersebut ke kebun yang sebelumnya sudah kita olah tanahnya. Tanaman tahunan dari biji-bjian ini antara lain seperti selada, kembang kol, marigold, kacang polong, zinnia, kacang, jagung, dan semangka. Itulah beberapa jenis contoh tumbuhan tahunan, semoga info ini berguna bagi Anda.

Selanjutnya : Contoh Laporan Konsultasi Gizi Ibu Hamil dan Bayi
Sebelumnya: Waktu-waktu Shalat Fardhu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar