Contoh Unsur Intrinsik pada Drama


Contoh unsur intrinsik pada drama secara umum tak berbeda jauh dari dari unsur intrinsik pada novel. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai unsur-unsur intrinsik yang terdapat pada drama. Secara umum, drama adalah sebuah kisah atau cerita yang menceritakan tantang sebuah peristiwa yang dimainkan oleh para pemain drama.

Pada drama terdapat unsur intrinsik, antara lain adalah interpretasi, petunjuk laku, bahasa, alur cerita atau plot, perwatakan atau penokohan, latar, dialog, amanat, tema, dan judul. Judul dalam sebuah drama ini biasanya berkaitan dengan cerita yang akan dikisahkan pada drama tersebut.

Contohnya adalah drama berjudul “Kisah Cinta Remaja” yang di dalamnya menceritakan tentang kisah percintaan yang dialami oleh remaja. Sedangkan tema dalam drama ini juga berkaitan dengan kisah yang ada pada drama tersebut, misalnya tema percintaan, perjuangan, kepahlawanan, sejarah, dan banyak lagi, Sedangkan bahasa adalah bahasa yang digunakan pada dialog yang terjadi dalam sebuah drama.

Secara umum  unsur intrinsik pada drama ini tak berbeda jauh dari apa yang terdapat pada sebuah novel atau cerpen (cerita pendek). Unsur intrinsik drama ini juga terdapat latar atau setting yang merupakan tempat yang menjadi lokasi drama tersebut.

Misalnya adalah terminal, stasiun, halaman rumah, dan lokasi lainnya sesuai dengan drama tersebut. Selain itu juga terdapat alur cerita atau yang sering dikenal dengan sebutan plot yang merupakan jalan cerita dari drama tersebut.

Unsur intrinsik drama lainnya adalah perwatakan atau penokohan yang di dalamnya terdapat karakter atau tokoh yang terdapat pada kisah drama tersebut, Penokohan ini biasanya terdapat tokoh antagonis atau jahat dan tokoh protagonis atau tokoh yang baik. Tak hanya itu, unsur intrinsik drama juga meliputi dialog atau kata-kata yang harus diucapkan oleh pemain drama saat pentas berlangsung.

Secara umum contoh unsur intrinsik pada drama ini juga turut mempengaruhi kekuatan atau baik tidaknya sebuah kisah drama. Adapun kisah drama yang diangkat dari sebuah karya novel dengan sedikit sentuhan dan tambahan dialog agar sesuai dengan pentas drama. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai unsur intrinsik drama, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Selanjutnya : Pembahasan Kumpulan Materi Gempa Bumi yang Terjadi di Hutan
Sebelumnya: Tiga Situs Tempat Download Buku Lengkap Terpopuler
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar