Sekilas Tentang Contoh Usaha yang Dikelola BUMN


Perusahaan-perusahaan yang tergolong ke dalam BUMN (Badan Usaha Milik Negara) kini banyak diburu oleh berbagai kalangan, baik kalangan freshgraduate maupun yang sudah memiliki perkerjaan.

Alasannya, perusahaan-perusahaan tersebut dianggap mampu memberikan jaminan finansial untuk masa depan. Salah satu contoh usaha yang dikelola BUMN adalah PT Pertamina (Perusahaan Pertambangan dan Minyak Milik Negara).

Banyak sekali orang yang melirik perusahaan tersebut. Apalagi kini akses untuk melamar perusahaan tersebut lebih mudah dengan adanya media internet.

BUMN sendiri merupakan badan usaha yang permodalannya (sebagian atau seluruhnya) milik Negara. Status kepegawaian pekerja BUMN adalah karyawan BUMN. Jadi, tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa karyawan BUMN tergolong  pegawai negeri.

Ada 3 macam BUMN yang berdiri di Indonesia, yakni Perjan (Perusahaan Jawatan), Perum (Perusahaan Umum), dan Persero. Perjan merupakan bentuk BUMN yang secara keseluruhan modalnya milik pemerintah.

Sedangkan Perum merupakan pembaharuan dari Perjan. Bedanya, Perjan bersifat no profit oriented karena berorientasi pada pelayanan publik, sedangkan Perum sudah mulai menargetkan keuntungan.

Contoh usaha yang dikelola BUMN di lini Perjan adalah PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api). Kerena hanya berorientasi untuk pelayanan umum, serta besarnya biaya pemeliharaan, perusahaan-perusahaan jenis ini selalu mengalami kerugian. Kini PJKA berganti wujud menjadi PT. KAI.

Di lini lain, Persero merupakan BUMN yang prinsipnya mendapatkan keuntungan sebesar mungkin dengan pengeluaran seminim mungkin. Persero berbentuk perseroan terbatas (disingkat PT).

Sebagian besar atau seluruh modalnya terdiri dari kekayaan negara yang dipisahkan dalam bentuk saham. Paling sedikit terdiri dari 51% merupakan aset negara.

Pimpinan Persero disebut direksi. Status kepegawaiannya adalah pegawai swasta. Perusahaan jenis ini tidak mendapatkan fasilitas negara.

Perusahaan-perusahaan Persero bertujuan untuk pengadaan barang dan jasa bagi masyarakat. Sebagian besar perusahaannya bergerak di bidang energi, keuangan, pertambangan, komunikasi, dan transportasi. Berikut ini adalah contoh-contoh perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas sesuai bidangnya, yakni:

Bidang energi dan pertambangan, di antaranya:
1. PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN).
2. PT Perusahaan Pertambangan dan Minyak Negara (PT Pertamina).
3. PT Tambang Bukit Asam.
4. PT Aneka Tambang.

Bidang keuangan, di antaranya:
1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Bidang transportasi dan komunikasi, di antaranya:
1. PT Garuda Indonesia (Persero).
2. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero).
3. PT Kereta Api Indonesia (Persero).
4. PT Pos Indonesia (Persero).
5. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).

Demikianlah sekilas penguraian mengenai contoh usaha yang dikelola BUMN. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pencari kerja.

Selanjutnya : Sifat Na Natrium Sangat Reaktif
Sebelumnya: Software untuk Rekaman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar