Contoh Variabel Bebas Terikat Dan Kontrol Dalam Suatu Penelitian


Dalam pratikum yang sering dilakukan oleh para siswa SMA, sering melibatkan yang namanya variabel penelitian. biasanya sering membahas mengenai variabel bebas, terikat, dan kontrol. Lalu apa saja contoh variabel bebas terikat dan kontrol? disini akan kita bahas apa dan bagaimana variabel tersebut.

Walau di sekolah sering diajarkan mengenai hal tersebut, masih aja banyak siswa yang mengalami kebingungan mengenai variabel penelitian tersebut. Pada dasarnya variabel penelitian, merupakan segala sesuatu dengan macam dan bentuk apa saja. Kemudian oleh peneliti hal tersebut dipelajari untuk mendapatkan info mengenai objek penelitian tersebut. Sehingga akhirnya dapat ditarik kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan itu.

Macam Variable Penelitian

Ada bermacam-macam jenis variabel penelitian, semisal adalah variabel intervening, variabel kontrol, variabel dependen/variabel terikat, independen/variabel bebas, dan variabel moderator. Untuk variabel penelitian setingkat SMA, hanya ada 3 variabel yang harus diketahui untuk pratikum:

  • Variabel Independen (Variabel Bebas): yaitu variabel yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan atau lebih tepatnya menimbulkan variabel terikat. Variabel bebas juga dapat disebut sebagai variabel predictor, antecedent atau variabel stimulus.
  • Variabel Dependen (Variabel Terikat): yaitu variabel yang seringkali dipengaruhi adanya akibat atau yang menjadi akibat. Dan itu terjadi karena adanya variabel bebas. Oleh peneliti, variabel terikat diukur dan dilakukan observasi untuk menentukan variabel terikat.
  • Variabel Kontrol: yaitu variabel yang di buat konstan atau tidak dikendalikan. Sehingga pengaruh variabel bebas kepada variabel terikat tidak akan terpengaruh dengan adanya faktor di luar objek yang diteliti. Variabel ini seringkalai digunakan oleh para peneliti bila akan membandingkan penelitiannya.

Variabel penelitian seringkali digunakan untuk melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan pendidikan. Dari sini segala macam objek penelitian akan di amati dan di teliti. Karena bermacam metode penelitian yang ada, sehingga variabel dianggap sebagai sesuatu yang memiliki variasi.

Seperti yang dibahas di atas, inilah contoh variabel bebas terikat dan kontrol. Semoga sedikit banyak ulasan di atas akan menambah pengetahuan Anda mengenai variabel penelitian dan macam-macam jenisnya.

Selanjutnya : Cara Membuat Spaghetti Beserta Resep Bumbu Spaghetti Buatan Sendiri
Sebelumnya: Provider Pusat Xl
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar