Seperti Apa Contoh Variabel Penelitian Yang Benar Dalam Skripsi


Bagaimana cara mengetahui contoh variabel penelitian yang benar dalam skripsi dan pembahasannya? Pada artikel ini akan kita bahas beberapa hal mengenai variabel penelitian tersebut. Sebelumnya perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu variabel.

Variabel adalah penelitian pada suatu objek dengan banyak variasi. Seperti pada jenis kelamin, itu termasuk variasi karena adanya jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Variabel juga disebut sebagi konsep dengan variasi nilai. Penilaian tersebut terbagai dalam 4 macam tingkat, yaitu skala nominal, skala ordinal, skala internal, dan skala rasio.

Pada penelitian untuk skripsi, sering kali peneliti mengunakannya untuk memahami suatu permasalahan atau suatu objek. Dengan mengunakan beberpa macam metode variabel, peneliti akan merumuskan permasalah tersebut dan mengujinya. Untuk menentukan apakah asumsi yang didapatkan benar atau tidak.

Segala sesuatu yang akan dijadikan objek penelitian disebut dengan variabel. Lalu variabel seperti apa yang baik untuk digunakan dalam suatu penelitian bahan skripsi? Ada beberapa macam jenisnya dan dapat kita sesuaikan dengan kondisi lapangan dan penelitian yang akan kita buat. Variabel tersebut dibedakan menjadi:

1. Independent Variabels (variabel penyebab, variabel bebas atau variabel yang mempengaruhi)

Variabel ini akan memberikan pengaruh pada variabel terikat atau menjadi penyebabnya. Faktor-faktor yang menjadi pengaruh pada variabel ini dimanupulasi, diukur atau akan dipilih oleh peneliti untuk mendapatkan hubungan objek yang diamati atau diobservasi pada sebuah penelitian.

2. Dependent Variabels (Variabel terikat)

Variabel ini akan dilakukan pengukuran dan observasi untuk menentukan dan melihat adanya pengaruh pada variabel bebas. Apakah faktor tersebut muncul, tidak muncul atau berubah sesuai apa yang dikenalkan oleh peneliti.

3. Variabel Moderator

Variabel ini memeliki konsep dengan faktor yang dapat dimanipulasi atau dipilih dan diukur oleh peneliti. Gunanya untuk menentukan apakah hal tersebut akan mengubah korelasi antara variabel terikat dengan variabel bebas.

4. Variabel Kontrol

Variabel ini disebut sebagai variabel kendali atau kontrol. oleh peneliti variabel ini diusahakan untuk dinetralisasikan.

5. Variabel Intervening

Variabel ini tidak didapat berdasarkan pengamatan, tetapi hanya kesimpulan dari variabel bebas dan terikat

Semoga beberapa contoh variabel penelitian yang benar dalam skripsi dan pembahasnya tersebut. akan membantu Anda untuk melakukan penelitian.

Selanjutnya : Prudential Adalah Salah Satu Perusahaan Jasa Di Bidang Keuangan
Sebelumnya: Cara Menggunakan Cheat GTA di PC
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar