Pengertian dan Contoh Variabel Penelitian


Variabel penelitian menurut Suharsimi Arikunto (1998:99) adalah apa saja yang menjadi objek dari suatu penelitian atau suatu yang diperhatikan. Ibnu Hajar (1999:156) adalah fenomena atau suatu objek akan di lakukan penelitian.

Sutrisno Hadi (1982:437) adalah suatu keadaan, tindakan, perlakuan, dan kondisi yang akan memberi pengaruh pada hasil penelitian atau eksperimen. M. Nazir (1999:149) adalah konsep penelitian dengan macam-macam nilai. Sehingga kesimpulan yang paling akhir mengenai variabel penelitian adalah suatu penelitian dengan objek yang bervariasi. Seperti variabel berdasarkan jenis kelamin dan variabel berdasarkan profesi. Dan apa saja contoh variabel penelitian, antara lain adalah:

1. Variabel Kuantitatif, termasuk didalamnya adalah:

  • Variabel diskrit adalah variabel mengenai sesuatu yang berlawanan jenis (laki-laki, perempuan)
  • Variabel kontinum adalah variabel yang terbagi menjadi dua macam jenis. Variabel Ordinal (variabel mengenai tingkatan) dan Variabel Interval (variabel mengenai jarak)
  • Variabel Ratio adalah variabael yang meneliti perbandingan (berat badan)

2. Variabel Kualitatif adalah variabel yang melakukan ukuran pada sesutu itensitas yang tidak bisa diukur mengunakaan angka.

3. Variabel Independen adalah variabel yang menyebabkan munculnya variabel dependen, sebagai penyebab atau yang memberikan pengaruh.

4. Variabel Dependen adalah variabel akibat atau yang dipengaruhi dengan adanya variabel bebas.

5. Variabel Moderator adalah variabel yang akan memberikan akibat dari lemah dan kuatnya hubungan variabel dependan dan independen. Sebagai contoh adalah hubungan keluarga antara suamin dengan istri yang mempunyai anak, lalu ada pihak ketiga yang melemahkannya.

6. Variabel Intervening adalah variabel penghubung antara variabel dependen dengan variabel independen, dimana hal tersebut dapat menguatkan dan juga melemahkan hubungan tersebut. tetapi hal tersebut tidak dapat diukur bahkan diamati.

7. Variabel Kontrol adalah variabel dengan pengendalian atau bersifat konstan. Dimana pengaruh pada variabel independen pada variabel dependen tidak mendapatkan pengaruh dari faktor luar.

Itulah beberapa pengertian dan contoh variabel penelitian. mungkin pembahasan mengenai hal tersebut masih banyak kekurangannya. Sedikit banyak pembahasan veriabel penelitia di atas akan membantu Anda untuk memahaminya.

Selanjutnya : Wanita Kurus
Sebelumnya: Prudential Adalah Salah Satu Perusahaan Jasa Di Bidang Keuangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar