Criteria Menentukan Sebuah Kebijakan


Kebijakan publik adalah sebuah kebijakan yang dibuat berdasarkan dan dengan menilik kepada kepentingan publik. Makna dari kebijakan publik ini sendiri adalah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah terkait suatu masalah yang kemudian berdampak terhadap masyarakat secara substansial.

Dalam menentukan sebuah kebijakan publik, pemerintah perlu melewati beberapa proses dan mengacu pada beberapa teori, criteria menentukan sebuah kebijakan, serta prosedur khusus, sehingga kebijakan yang dibuat berdampak cukup positif terhadap masyarakat.

Ada beberapa kategori kebijakan publik yang dirumuskan oleh James E. Anderson, yaitu sebagai berikut.

  • Kebijakan Substantif dan Prosedural

Kebijakan substantif adalah kebijakan yang ditentukan oleh pemerintah yang berkaitan dengan masyarakat langsung, baik biaya yang dikeluarkan maupun dampaknya, seperti pembangunan sarana publik. Sementara kebijakan prosedural adalah tindakan yang akan dilakukan dalam menentukan kebijakan tersebut.

  • Kebijakan Distributif, Pengaturan, Pengaturan Sendiri, Redistribusi

Kategori ini berdasar pada dampak yang akan timbul dari kebijakan publik yang ditentukan terhadap masyarakat dan hubungannya dengan semua pihak yang terlibat dalam penentuan kebijakan. Hal ini berkaitan dengan alokasi manfaat kebijakan, batasan, serta alokasi manfaat yang mungkin ada.

  • Kebijakan Material dan Simbolik

Kebijakan ini merupakan kebijakan yang memberikan dampak kerugian atau keuntungan terhadap masyarakat.

  • Kebijakan Penyediaan Barang Kolektif

Kebijakan ini yang harus disediakan untuk masyarakat atau barang privat yang dikonsumsi secara individu.

Selain keempat kategori kebijakan publik di atas, suatu kebijakan publik juga dibuat berdasarkan teori dan kriteria tertentu. Adapun teori kebijakan publik yang dikemukakan oleh Anderson adalah adalah sebagai berikut.

  • Teori rasional komprehensif yang mempelajari suatu masalah untuk menentukan kebijakan yang memadai.
  • Teori ikremental yang memberi penjelasan lebih terhadap cara apa yang diambil untuk menentukan kebijakan.
  • Teori mixed scanning yang merupakan gabungan antara dua teori di atas.

Sementara itu, juga terdapat beberapa criteria menentukan sebuah kebijakan yang perlu untuk menjadi pertimbangan, yaitu ideologi atau nilai–nilai kebijakan yang dianut oleh organisasi; profesi, ataupun individu; partai politik yang berafiliasi; kepentingan konstituen; pendapat masyarakat atau publik; pendapat pihak lain yang juga harus dihargai; dan aturan kebijakan.

Selanjutnya : Cara Pembukaan Pidato Islami
Sebelumnya: Beberapa Contoh Konflik Politik Antar Negara di Asia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar