Tip Merawat Cucak Jenggot Medan Juara

Cucak jenggot medan juara merupakan salah satu jenis burung kicau yang terbaik, memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, gerakannya lincah dan suaranya merdu dan nyaring. Harga burung jenis ini cukup mahal, karena saat ini populasinya semakin sedikit.

Namun tidak semua burung cucak jenggot Medan atau jenis lainnya bisa mengeluarkan keahliannya dengan pandai, ada banyak burung yang hanya sekali waktu saja mengeluarkan suaranya atau hanya berbunyi pada waktu malam hari saja.

Loading...

Jika burung cucak jenggot Anda susah mengeluarkan suara, jangan khawatir karena ada cara yang bisa Anda lakukan agar burung cucak Jenggot bisa dengan mudah berkicau dengan suara yang nyaring,

Lakukan Terapi

Beri terapi burung dengan rajin, yaitu dengan cara:

  • Mandikan burung pada malam hari bisa dengan menggunakan karamba atau menyemprotnya sampai basah.
  • Melakukan pengembungan, caranya dengan mengeluarkan burung di pagi hari pada pukul 5.00 WIB. Lalu mandikan sampai basah kuyup, angin-anginkan kurang lebih selama 15 menit.
  • Proses penjemuran bisa selama 1 – 2 jam dimulai dari pukul 08.00 WIB. Selama dijemur hindari burung melihat burung lainnya.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali di teras kurang lebih selama 10 menit lalu sangkar dikerodong.
  • Pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB burung dapat di master dengan suara burung cucak jenggot.
  • Jam 15.30 WIB burung bisa diangin-anginkan kembali atau bisa dimandikan jika perlu.
  • Jam 18.00 WIB burung kembali dikerondng dan mendengarkan suara master selama waktu istirahat sampai pagi.

Makanan yang Tepat

Makanan memberikan pengaruh bukan hanya bagi kesehatannya saja, namun juga untuk menghasilkan kualitas suara yang baik. Makanan yang tepat untuk cucak jenggot adalah:

  • Voer yang memiliki kandungan protein sedang yaitu 12&-18%. Usahakan voer selalu ada di dalam cepuknya dan ganti setiap dua hari sekali.
  • Burung cucak jenggot sangat menyukai buah-buahan seperti: pepaya, pisang kapok, tomat, apel dan buah-buahan lainnya. Dengan mengkonsumsi pepaya daya tahan tubuh burung semakin baik dan dapat mempelancar pencernaan.  Buah segar dapat diberikan setiap hari atau bisa dengan membuat jadwal agar lebih bervariasi. Untuk buah pisang bisa ditambah dengan madu.

Makanan Tambahan

Makanan tambahan burung cucak jenggot adalah jangkrik, kroto, ulat bambu, belalang dsb. Pemberian makanan tambahan sebaiknya disesuaikan dengan karakter masing-masing burung dan mengetahui dampak pemberian makanan tambahan. Jika menggunakan kroto segar takarannya adalah 1 sendok teh paling sedikit 3 kali seminggu. Jika memberikan jangkrik, terlebih dahulu potong bagian kepala dan kakinya lalu masukkan ke dalam jahe yang sudah dipotong kecil masukkan ke dalam tubuh jangkrik.

Minuman yang Tepat

Cepuk untuk air sebaiknya sediakan dua buah, yang satu berisi air putih biasa dan yang satu berisi air madu.  Berikan vitamin dan mineral yang sudah dicampur dengan air, berikan seminggu satu kali. Agar suara kicaunya jernih bisa dengan memberi air teh yang tidak begitu manis yang sudah dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Berikan seminggu sebanyak dua kali.

Demikian tips agar burung cucak Jenggot medan juara super gacor. Semoga artikel ini menambah informasi khususnya bagi para penggemar burung cocak jenggot, selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Asupan Gizi untuk Ibu Hamil pada Trisemester Pertama
Sebelumnya: Contoh Zat Obat Anti Kanker dari Tanaman Obat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar