Daerah Penghasil Anyaman


Tasikmalaya serta Garut yang terletak di Propinsi Jawa Barat, dikenal sebagai daerah penghasil anyaman terbesar di Indonesia. Di kedua kawasan tersebut, industri anyaman sudah menjadi sebuah industri utama yang banyak dikembangkan. Masyarakat menggantungkan hidup mereka dari penghasilan membuat anyaman yang digunakan untuk berbagai kepentingan.

Kerajinan anyaman sendiri merupakan sebuah bentuk kerajinan yang dibuat secara manual. Seluruh proses pengerjaannya menggunakan keterampilan tangan manusia dan tidak menggunakan alat mesin. Itulah mengapa, kerajinan anyaman memiliki nilai seni yang cukup tinggi, sehingga harganya pun cukup mahal.

Jenis Anyaman

Kerajinan anyaman sendiri dibuat dengan cara menggabungkan beberapa bagian dari sebuah bahan untuk dibuat menjadi sebuah objek baru. Misalnya, anyaman bambu yang dibuat dengan cara menyusun bambu yang sudah dipotong menjadi bilahan kecil, sehingga membentuk sebuah objek.
Anyaman yang terbuat dari bambu ini bisa dibentuk menjadi tirai bambu, sebagai alat untuk melindungi bagian rumah dari sengatan matahari. Ada pula anyaman yang terbuat dari daun lontar, seperti anyaman tikar.

Pada saat lebaran, masyarakat Indonesia memiliki budaya membuat makanan yang disebut dengan ketupat. Ketupat sendiri dibuat dengan menggunakan bahan cetakan yang terbuat dari daun kelapa muda yang dianyam menjadi bentuk jajaran genjang.

Kerajinan anyaman sendiri sudah dikenal sejak masa lalu. Ada yang mengatakan bahwa kerajinan anyaman merupakan salah satu kerajinan asli dari masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan tempat tinggal serta tembikar yang dibuat dari anyaman. Bukti ini tidak pernah dijumpai di kawasan lain di luar Indonesia.

Dari sudut pandang kebudayaan, di masa lalu pekerjaan menganyam merupakan sebuah aktivitas sampingan yang hanya dikerjakan oleh kaum perempuan. Mereka melakukannya untuk mengisi waktu senggang dan bukan sebagai pekerjaan utama.

Di samping itu, kehidupan masyarakat di masa lalu masih menjadikan anyaman sebagai salah satu barometer untuk mengetahui sifat kewanitaan seseorang. Seorang wanita, akan dianggap sempurna apabila memiki kemampuan untuk menganyam.

Di masa lalu, masyarakat di daerah penghasil anyaman menggunakan anyaman sebagai cara untuk memenuhi kelengkapan rumah tangga. Sehingga semua peralatan rumah tangga dibuat sendiri dengan menganyam dan bukan diperoleh dengan cara membeli atau menjual hasil anyaman tersebut.

Selanjutnya : Massa Jenis Minyak dan Air
Sebelumnya: Manfaat Campuran Minum Royal Jelly bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar