Daftar Anime Jepang di Layar Kaca Indonesia yang Paling Digandrungi


 

Anime merupakan sebutan bagi film kartun buatan Jepang. Jika diurutkan, daftar anime Jepang di layar kaca Indonesia jumlahnya bisa mencapai ratusan. Anime memang sangat digandrungi penonton Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa. Kejayaan anime di Indonesia bisa disandingkan dengan kejayaan animasi produksi Walt Disney dari Amerika.

Dominasi anime sebagai acara hiburan anak-anak di layar kaca sudah terjadi sejak dimulainya zaman televisi masuk ke setiap rumah orang Indonesia. Selain karena ceritanya yang menarik, anak-anak Indonesia kala itu tidak memiliki banyak pilihan acara. Hal itu berlangsung selama bertahun-tahun sehingga anime cenderung lebih terkenal dari kartun buatan negeri sendiri.

Anime tidak hanya digandrungi di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Bisa dikatakan, puncak kejayaan anime di layar kaca Indonesia terjadi sekitar 1990. Pada masa itu, RCTI dan Indosiar termasuk stasiun televisi yang paling banyak memutar anime. Yang pernah berjaya saat itu sebut saja misalnya Saint Saiya, Astro Boy, Sailor Moon, Dragon Ball, Doraemon, Digimon, Pokemon, dan masih banyak lagi. Inilah daftar anime Jepang di layar kaca Indonesia yang paling digemari.

Doraemon

Doraemon sepertinya bisa dikatakan anime yang tak pernah lekang oleh waktu. Ya, Doraemon adalah legenda. Anime ini tetap digandrungi dari generasi ke generasi. Bahkan mungkin usia Doraemon sebenarnya lebih tua dari usia penontonnya. Tokoh kucing robot dari masa depan ini mulai tayang di Indonesia pada 1974 di TVRI Yogyakarta. Sejak RCTI mengudara pada 1989 hingga kini, Doraemon tetap setia tampil setiap hari Minggu pagi.

Dragon Ball

Dragon Ball pernah tayang di RCTI. Kemudian tayangannya dilanjutkan oleh Indosiar. Anime dengan tokoh utama Son Goku ini bisa dikatakan mencapai kejayaannya di layar Indosiar karena mampu bertahan di rating tinggi selama bertahun-tahun. Legenda Dragon Ball sempat membuat Hollywood tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. Sayangnya, versi tersebut tidak sesukses animenya.

Naruto

Di Indonesia, anime Naruto disiarkan oleh Global TV. Anime ini termasuk yang berperan menaikkan rating Global sebagai stasiun televisi favorit. Di Jepang sendiri, popularitas Naruto sudah melebihi Dragon Ball. Anime ini berkisah tentang dunia ninja Jepang dengan tokoh utama ninja remaja bernama Naruto Uzumaki. Tokoh ini sangat digandrungi karena karakternya sebagai ninja yang cerewet dan hiperaktif yang berambisi mencapai gelar Hokage, yaitu gelar tertinggi ninja. Kisah menarik Naruto masih bisa dinikmati di Global TV.

Demikian informasi mengenai daftar anime Jepang di layar kaca Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Daftar Cowok Cakep Di Korea
Sebelumnya: Kualitas Nokia E51
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar