Menyusun Daftar Buku Sebagai Sumber Acuan Penulis


Apakah Anda mengetahui daftar buku sebagai sumber acuan penulis? Menulis tidak hanya aktivitas membuat tulisan. Kini, menulis juga dapat merupakan pekerjaan yang dilakukan secara profesional. Sebagai sebuah profesi, penulis merupakan orang yang mendapatkan uang berupa honorarium, upah, atau gaji dari pekerjaannya.

Penulis profesional di antaranya penulis artikel di media massa, penulis buku, atau penulis yang bekerja penuh (full-time). Apapun jenis penulisnya, salah satu yang harus diperhatikan para penulis adalah sumber acuan atau referensi. Referensi bisa berasal dari mana saja. Salah satunya adalah buku.

Setiap penulis harus dapat menyusun daftar buku yang akan dijadikan referensi. Menyusun daftar buku sebagai sumber acuan penulis sebetulnya mudah, tinggal memerhatikan langkah berikut.

Tentukan Tema Tulisan

Tema adalah hal yang perlu disiapkan sebelum menulis. Dengan menentukan tema terlebih dahulu, Anda dapat menentukan beragam sumber yang menjadi acuan sesuai tema yang dipilih.

Mencari Buku Penunjang Tulisan yang Akan Dibuat

Setelah tema dipilih, Anda mulai segera mencari berbagai referensi, termasuk buku yang menunjang tulisan tersebut. Carilah judul-judul buku yang Anda pikir berhubungan dengan isi tulisan yang dibuat.

Pencarian dapat dilakukan secara online, yaitu dengan mengecek judul buku dengan kata kunci tertentu di situs pencarian. Selain itu, Anda juga dapat mencarinya secara manual dengan mengunjungi toko buku atau perpustakaan.

Memahami Isi Buku

Memahami isi buku yang akan dijadikan buku penunjang tulisan yang akan dibuat. Setelah menemukan berbagai buku sebagai sumber tulisan, Anda harus memahami isi buku tersebut secara baik.

Meskipun tidak ada waktu yang cukup untuk membaca isi buku secara keseluruhan, Anda dapat membaca cepat (skimming) dan menandai poin-poin penting di dalam buku yang menunjang tulisan yang dibuat.

Mengutip Isi Buku Sesuai Kaidah yang Berlaku

Setelah memahami isi buku yang akan dijadikan referensi, langkah selanjutnya adalah mengutip isi buku untuk menuanjang tulisan yang akan dibuat. Hal yang perlu diingat adalah cara pengutipan yang harus sesuai kaidah yang berlaku. Pengutipan ini penting agar tidak menjurus pada plagiasi.

Demikian tips menyusun daftar buku sebagai sumber acuan penulis. Dengan mengikuti tips tersebut, diharapkan Anda dapat menulis dengan mudah dengan menggunakan buku sebagai referensi penunjangnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Macam-Macam Simbol Partitur Musik
Sebelumnya: Mengenal Puisi Pemerintahan Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar