Menyusun Daftar Isi dalam Skripsi


Bagaimana penyusunan daftar isi dalam skripsi? Skripsi merupakan salah satu jenis karya ilmiah. Skripsi ditulis oleh mahasiswa sarjana yang akan menyelesaikan kuliahnya sebagai syarat memperoleh kelulusan. Sebagai sebuah karya ilmiah, penulisan skripsi harus memenuhi kaidah penulisan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) serta tata bahasa yang baik dan benar.

Selain itu, penulisan skripsi juga harus memerhatikan sistematika khusus sebagaimana karya ilmiah pada umumnya. Di antara sistematika penulisan skripsi yang harus diperhatikan adalah penulisan daftar isi. Daftar isi dalam skripsi merupakan salah satu bagian kecil dalam skripsi, namun memiliki fungsi penting bagi skripsi secara keseluruhan.

Daftar Isi

Daftar isi merupakan susunan judul-judul pokok bab dan subbab di dalam sebuah karya ilmiah. Daftar isi ditulis di bagian depan sebelum masuk ke bab-bab pokok. Daftar isi berfungsi untuk memetakan isi karya ilmiah yang terbagi dalam poin-poin tertentu sesuai bab yang ada.

Bab merupakan satuan besar yang mengelompokkan isi skrispi ke dalam satu pokok bahasan yang sama, misalnya bab pendahuluan yang terdiri atas latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan lain-lain. Dengan demikian, daftar isi akan memudahkan pembaca karya tersebut dalam mencari bahasan yang diperlukan, sekaligus memberikan pemahaman mengenai garis besar karya tersebut.

Hal yang diperlukan dalam menyusun daftar isi adalah menyusun seluruh judul bab besar yang ada di dalam skripsi. Misalnya, skripsi terdiri atas empat bab, yaitu pendahuluan, landasan teori, pembahasan, dan kesimpulan. Di dalam daftar isi, subbab atau bagian-bagian kecil dari bab tersebut harus ditulis agar susunan isi skripsi dapat diketahui di halaman depan sebelum skripsi tersebut dibaca secara keseluruhan.

Setelah susuan bab dan subbab ditulis secara rinci dan berurutan secara berbaris, maka setiap baris yang terdiri atas bab dan subbab diberi angka sesuai dengan nomor halaman bab atau subbab tersebut. Tujuannya agar pembaca dapat menemukan nomor halaman bab atau subbab yang dimaksud tanpa harus mencari satu persatu halaman.

Demikian cara menyusun daftar isi dalam skripsi. Hal ini perlu diperhatikan mahasiswa yang sedang menulis skripsi untuk keperluan akademiknya. Daftar isi yang baik akan mencerminkan seluruh isi skripsi tersebut.

Selanjutnya : Penanganan Keracunan Obat Serangga dengan Tepat
Sebelumnya: Mengenali AC Portable Murah Watt Rendah yang Beredar di Pasaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar