Daftar Makanan Lemak Tinggi dan Cara Mensiasatinya

Daftar makanan lemak tinggi sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang menjalani program hidup sehat. Terutama bagi mereka yang melakukan diet ketat setiap hari.

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan lemak dalam tubuhnya. Guna, untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat sekaligus bagian dari sumber penghasil tenaga. Namun bila jumlah lemak dalam tubuh terlalu berlebihan, tentu jadinya akan sangat membahayakan untuk kesehatan. Contohnya, obesitas, pemicu serangan jantung, stress, diabetes dan sebagainya.

Loading...

Oleh karena itu, setiap orang wajib mewaspadai segala makanan dan minuman yang mengandung lemak tinggi.  Seandainya ingin tetap mengonsumsinya sewaktu-waktu, usahakan mengimbanginya dengan makanan lain. Ingin tahu apa saja makanan dan minuman berlemak tinggi dan cara mengatasi agar tidak membahayakan pada tubuh? Berikut beberapa diantaranya:

1.  Permen

Permen adalah salah satu makanan yang digemari banyak orang, terutama anak-anak. Sesekali mengemut permen tidak masalah, apalagi untuk membunuh jenuh saat menunggu. Namun, perlu diketahui bahwa permen mengandung gula yang sangat tinggi. Sehingga dapat menumpuk di dalam darah. Bila ingin mengonsumsi permen, pilihlah permen dengan citrarasa pedas atau mint. Paling tidak, kandungan gulanya tidak separah permen berperisa buah-buahan atau soda.

2. Pure kentang

Kentang dapat dijadikan bahan makanan pengganti nasi. Meski ukurannya kecil, kandungan kalorinya sangat tinggi sehingga bersifat mengenyangkan. Bila ingin mengonsumsi mashed potato atau sejenis panganan yang diolah murni dari kentang, seimbangkan dengan mengonsumsi sayur tinggi serat. Gunanya, agar kalori mudah dicerna melalui feses.  Akan lebih baik bila disertai olahraga taraf medium-high.

3. Es krim

Sama seperti permen, es krim pun berhasil menggoda nafsu ngemil orang-orang yang sedang berdiet. Mengonsumsi es krim dalam porsi sewajarnya, tidak dilarang. Bagaimanapun, es krim mengandung klasium susu yang baik. Namu, kadar gula dan kalorinya yang tinggi juga tidak dapat dihindari.

Bila ingin mengonsumsi es krim, cobalah membuatnya sendiri di rumah menggunakan sari buah-buahan, youghurt dan susu rendah lemak. Selain lebih sehat, kadar lemaknya pun bisa Anda yang mengatur. Dengan begitu, tidak perlu cemas lagi ketika ingin memanjakan lidah menyantap es krim.

4. Daging Olahan

Dewasa ini mudah sekali menemukan makana yang terbuat dari daging olahan. Contohnya, nugget, sosis, daging hamburger, bakso, dan sebagainya. Rasanya tentu saja gurih dan nikmat. Tapi kandungan lemaknya sungguh luar biasa tinggi.

Sebaiknya batasi mengonsumsi makanan-makanan seperti itu. Bila terpaksa, barengi dengan minum segelas jus lemon atau jeruk nipis yang dicampur madu. Gunanya, agar lemak daging yang dikonsumsi mudah luruh.

5. Keripik Kentang dan Keripik Jagung/Nachos

Cemilan keripik kentang dan keripik jagung memang pas disantap di waktu senggang. Namun, jika terlalu berlebihan, bisa-bisa tubuh menumpuk lemak. Jika ingin mengonsumsi cemilan gurih seperti ini, imbangi dengan rajin minum jus dan air putih. Hindari mengonsumsi keripik kentang dan nachos bersama minuman soda.

Demikian daftar makanan lemak tinggi yang sebisa mungkin harus dibatasi pengonsumsiannya. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Tsunami
Sebelumnya: Contoh Proposal Penelitian Kualitatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar