Daftar Makanan Tinggi Kolesterol


Kolesterol merupakan jenis lemak yang terdapat dalam pembuluh darah manusia. Kolesterol dapat diproduksi oleh tubuh dan berguna sebagai sumber energi bagi tubuh.

Kolesterol dapat membentuk dinding sel-sel dalam tubuh dan berguna sebagai bahan dasar terbentuknya hormon stereoid bagi manusia. Namun demikian, kadar kolesterol yang tinggi tidak sehat bagi tubuh.

Kadar kolesterol tinggi dapat memicu penyakit lain, utamanya stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumi makanan berkolesterol harus dibatasi.

Makanan Tinggi Kolesterol

Berikut daftar makanan tinggi kolesterol yang perlu diwaspadai agar tidak memicu risiko penyakit:

1. Kuning telur. Telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun demikian, kuning telur mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Tingginya kolesterol di dalam kuning telur termasuk kategori bahaya bagi penderita kolesterol tinggi. Sebaliknya, putih telur sangat baik karena tidak mengandung kolesterol.

2. Daging. Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol. Daging termasuk ke dalam kategori aman untuk dikonsumsi, asalkan tidak mengandung lemak. Lemak yang terkandung di dalam daging mengandung kolesterol tinggi yang membahayakan.

3. Jeroan dan otak. Dua bagian dari tubuh hewan ini merupakan penyumbang kolesterol sangat tinggi. Hindari memakan jeroan dan otak, baik pada daging sapi, kambing, atau babi. Kadar kolesterol di dalam dua bagian tersebut termasuk kategori berbahaya untuk dikonsumsi.

4. Telur burung puyuh. Meski bentuknya kecil, namun telur puyuh merupakan makanan yang harus dihindari, terutama bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hindari konsumsi telur puyuh atau hanya sekali-sekali menyantapnya dengan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

5. Makanan laut (seafood). Beberapa di antara hidangan laut umumnya mengandung kolesterol tinggi. Cumi merupakan hidangan laut yang termasuk ke dalam kategori kolesterol sangat tinggi dan sebaiknya dihindari bagi yang memiliki kolesterol tinggi.

6. Makanan cepat saji (fast food) dan gorengan. Dua jenis makanan ini termasuk ke dalam makanan minim gizi dan mengandung kolesterol tinggi. Umumnya, kolesterol berasal dari minyak jenuh yang tidak sehat. Konsumi makanan cepat saji dan gorengan sebaiknya dihindari agar kadar kolesterol tetap terjaga.

Demikian daftar makanan tinggi kolesterol yang perlu dihindari. Konsumsi terhadap makanan tersebut tidak bermasalah jika dilakukan sesekali dan diimbangi dengan makanan bergizi lainnya. Selain itu, jangan lupa berolahraga agar tubuh senantiasa sehat.

Selanjutnya : Teks Khutbah Jumat Mewakili Kaum Muda
Sebelumnya: Membuat Teks Drama untuk Anak Usia Sekolah Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar