Daftar Menu Sehat untuk Anak-anak dan Orang Dewasa


Daftar menu sehat perlu dibuat secara khusus agar asupan makanan yang kita makan tidak salah dan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Menu-menu tersebut harus diatur sedemikian rupa agar mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Hal ini berlaku untuk siapa saja baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Menu Sehat untuk Anak-anak

Anak-anak adalah masa pertumbuhan sehingga mereka membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Meskipun demikian, asuan gizi jauh berbeda dengan porsi. Karena tentu saja porsi untuk anak-anak jauh lebih sedikit dibandingkan porsi untuk orang dewasa. Yang terpenting di sini adalah asupan gizinya.

Anak-anak harus dberi menu makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya. Bahkan untuk susu, anak-anak bisa meminum susu sampai 2 gelas sehari. Hal ini sangat diperlukan agar pertumbuhannya jauh lebih baik.

Orangtua juga harus memerhatikan kadungan dari susu yang diberikannya. Susu mahal bukan berarti memiliki kandungan yang baik. Jadi, alangkah lebihbaiknya jika orang tua menanyakan lebh lanjut kepada ahli gizi.

Selain itu makanan yang harus diberikan yaitu karbohidrat yang cukup, protein, lemak, vitamin dan mineral. Anak-anak biasanya lebih menyukai lauk pauk seperti ayam goreng dan sebagainya. hal tersebut harus diimbangi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Bagi anak yang tidak terlalu menyukai sayuran, maka orangtua bisa menyiasatinya dengan membuat suatu bentuk olahan masakan yang terbuat dari sayuran. hal tersebut akan membantu anakanak untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran.

Menu Sehat untuk Orang Dewasa

Daftar menu sehat untuk orang dewasa cukup kompleks, terlebih lagi jika seseorang tersebut sedang menjalani program diet. Meskipun sedang diet, asupan makanan juga harus diperhatikan dan jangan sampai membuat tubuhmenjadi lemas. Terutama bagi orang-orang yang memiliki segudang aktivitas.

Sama dengan anak-anak, orang dewasa juga harus mendapakan menu makan 4 sehat 5 sempurna. Namun bagi orang yang sedang berdiet, harus mengurangi porsi makannya dan menghindari makan malam.

Selain itu juga harus lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sementara itu, untuk orang dewasa yang tidak sedang menjalani diet maka konsumsilah semuanya secara sehat dan perhatian kandungan gizinya. Ada baiknya untuk menanyakan pada ahli gizi mengenai porsi gizi seseorang.

Menyusun daftar menu sehat untuk anak-anak maupun orang dewasa memang susah-susah gampang. Saran dari orang yang ahli benar-benar sangat dibutuhkan.

Kesalahan dalam menu makanan, bisa menyebabkan dampak pada tubuh sepert penyakit atau kegemukan. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka konsumsilah menu sehat mulai sekarang.

Selanjutnya : Darah Putih Berlebihan Pertanda Kanker Darah
Sebelumnya: Asyiknya Bermain Bahasa Inggris Plesetan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar