Makna dan Daftar Nama Bayi Perempuan Suku Dayak


Suku Dayak sering memberi bayi yang baru lahir dengan nama yang mengandung makna tertentu tidak terkecuali bayi berjenis kelamin wanita. Beberapa daftar nama bayi perempuan Suku Dayak tersebut adalah sebagai berikut.

Makna Dan Daftar Nama Bayi Perempuan Suku Dayak

Suku Dayak merupakan penduduk asli yang tinggal di Kalimantan. Tidak berbeda jauh dengan suku lain yang ada di Indonesia, mereka juga sering memberi bayi yang baru lahir dengan nama yang mengandung makna tertentu tidak terkecuali bayi berjenis kelamin wanita. Beberapa daftar nama bayi perempuan Suku Dayak tersebut adalah sebagai berikut.

Ot Danum adalah nama bayi yang asalnya dari sebutan ot yang mengandung arti hulu dan danum yang artinya air. Makna dari penggunaan nama ini adalah untuk menandakan apabila bayi yang baru lahir tersebut berasal dari keluarga yang bertempat tinggal di derah hulu suatu sungai.

Kemudian ada nama Bidayuh yang merupakan gabungan dua kata yaitu bi dan dayuh. Bi punya arti orang atau manusia dan dayuh adalah hulu. Jadi makna dari penyebutan nama tersebut juga hampir sama yaitu orang yang asalnya dari hulu sungai.

Selain dua nama tersebut masih ada beberapa pilihan lain yang sering dipakai untuk mengasih nama bayi mereka. Contohnya Kaayat yang artinya pagi. Penyebutan nama ini dijadikan sebagai pertanda jika bayi tersebut lahir pada pagi hari. Ada lagi nama yang menandakan waktu misalnya Sanja yang artinya sore hari, jadi bayi yang diberi nama ini lahir ketika matahari mulai terbenam.

Kemudian ada lagi Maharati yang punya makna bijaksana dan pintar. Orangtua yang memberi nama dengan sebutan ini tentu sangat berharap jika anak mereka yang baru lahir akan jadi orang yang pintar. Namun selain pintar setelah dewasa nanti dapat bersikap adil dan bijaksana kepada semua orang. Nama ini lebih sering diberikan pada anak pemimpin atau kepala suku.

Bagi orang tua yang menginginkan anaknya akan selalu menemui kebahagiaan saat dewasa nanti sering memberi nama Arai. Sebab Arai sendiri mengandung makna kesenangan. Nama lain yang maknanya hampir sama yaitu Balawa yang mengandug arti terang. Jadi setelah dewasa anak itu diharapkan selalu mendapat jalan yang terang.

Salah satu daftar nama bayi perempuan Suku Dayak yang paling populer yaitu Mawinei. Hal ini tidak mengherankan karena kata tersebut mengandung arti manis atau cantik. Hampir semua orang tua tentu berharap anak perempuannya bisa menjadi wanita yang cantik dan menarik.

Selanjutnya : Runtutan Peristiwa Penyusunan Dokumen tentang Proklamasi Kemerdekaan RI
Sebelumnya: Tokoh Sastrawan Indonesia dan Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar