Daftar Penderita Skizofrenia yang Terabaikan

Ada daftar penderita skizofrenia yang terabaikan. Penyakit yang merupakan gangguan otak kronis atau kelainan mental yang ditandai oleh gangguan proses berpikir dan respon emosi yang lemah. Penderita gangguan skizofrenia terkadang dapat mendengar suara-suara yang orang lain tidak dapat mendengar.

Hal tersebut bisa menakut-nakuti penderita. Dalam beberapa kasus, penderita skizofrenia dianggap kerasukan setan sehingga mereka merasa tersingkir karena ditakuti, disiksa, diasingkan, bahkan dikurung.

Gejala-gejala Awal Skizofrenia

Salah satu gejala paling jelas yang disebabkan oleh gangguan skizofrenia adalah cara berpikir penderitanya. Mereka masuk dalam daftar penderita skizofrenia bisa kehilangan kemampuan berpikir rasionalnya dalam menganalisis lingkungan serta cara berinteraksi dengan orang lain. Penderita skizofrenia sering kali percaya pada hal-hal yang tidak benar dan dapat mengalami kesulitan dalam menerima realitas yang menurut pandangan mereka benar.

Halusinasi ataupun delusi yang menggambarkan perbedaan dalam berpendapat dan pandangan mengenai realita sering kali dialami oleh penderita skizofrenia. Tingginya risiko depresi pada penderita skizofrenia membuat mereka memerlukan perhatian khusus. Mereka juga dianggap sering melakukan hal-hal yang dianggap aneh oleh orang lain. Sehingga hampir sepertiga dari mereka yang berada dalam diagnosis daftar penderita skizofrenia melakukan percobaan bunuh diri.

Dari daftar penderita skizofrenia Gejala skizofrenia muncul secara bertahap yang umumnya terjadi pada fase dewasa awal, biasanya di awal umur 20-an. Selama tahapan awal, penderita terlihat tidak mempunyai tujuan hidup, menjadi semakin aneh, dan tidak bersemangat. Kerabat terdekat dapat melihat tanda-tanda gangguan ini sejak dini sebelum gejala utama skizofrenia terjadi pada penderita.

Mereka akan mengisolasi diri dan menghindari keluarga bahkan teman-teman mereka. Meski dianggap perilaku yang tidak masuk akal dan tidak logis, bagi penderita skizofrenia tindakan tersebut menggambarkan reaksi yang wajar atas halusinasi mereka mengenai orang lain yang ingin berbuat jahat pada mereka.

Tanda-tanda Penderita Skizofrenia

Menurut Psychcentral.com, berikut ini adalah tanda-tanda seseorang yang menderita gangguan skizofrenia :

  • Mengisolasi diri atau menarik diri dari pergaulan sosial.
  • Berpikir irasional, mengataka atau meyakini sesuatu yang aneh atau ganjil.
  • Mempertanyakan motivasi orang lain.
  • Mudah emosi.
  • Permusuhan atau kecurigaan.

Peningkatan ketergantungan pada obat-obatan atau alkohol karena pelampiasan rasa depresinya.

  • Tidak memiliki motivasi.
  • Sering tertawa pada waktu yang tidak tepat.
  • Mengalami insomnia atau kesulitan tidur.
  • Tidak memperhatikan penampilan pribasi dan kebersihan.
  • Penderita Skizofrenia di Indonesia

Jumlah penderita skizofrenia di Indonesa cukup besar. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 207, terdapat 0,46 persen atau sekitar 1 juta lebih penduduk Indonesia yang mengalami gangguan skizofrenia. Diantara daftar penderita skizofernia hanya 3,5 persen saja atau 38 ribu orang yang mendapatkan perawatan yang memadai.

Selanjutnya : Fotografer Dunia Dengan Karya-Karya Fenomenal
Sebelumnya: Mempelajari Jenis-Jenis Dan Nama Lapisan Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...