Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Gratis Biaya Kuliah


Bagi siswa yang duduk di kelas 3 SMU mungkin sudah memikirkan ke mana akan melanjutkan sekolah. Mereka yang orangtuanya memiliki anggaran untuk melanjutkan sekolah, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah besar.

Namun bagi mereka dengan kondisi ekonomi pas-pasan tentu akan sulit untuk mengejar keinginan melanjutkan ke sekolah tinggi. Tapi jangan berkecil hati dulu, ada beberapa daftar perguruan tinggi kedinasan gratis biaya kuliah yang bisa membantu mewujudkan cita-cita mereka yang kurang mampu.

Perguruan tinggi kedinasan ini adalah sekolah-sekolah tinggi yang diadakan lembaga pemerintah. Tujuan pembentukannya adalah untuk menyiapkan tenaga kerja handal  yang siap kerja dan memiliki kemampuan, dedikasi dan kompetensi unggul yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan kedinasan yang menaunginya.

Perguruan tinggi kedinasan ini ada yang menggratiskan biaya kuliahnya, ada juga yang memungut biaya. Namun demikian, biaya yang dikeluarkan di perguruan tinggi ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain baik itu negeri maupun swasta.

Selain biaya kuliah yang lebih murah bahkan gratis, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi ini juga mendapatkan keuntungan lain yaitu penempatan kerja pada kedinasan yang menaunginya.

Misalnya, lulusan IPDN biasanya ditempatkan di Kementrian Dalam Negeri. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak siswa yang menginginkan kuliah di perguruan tinggi kedinasan. Berikut beberapa perguruan tinggi kedinasan yang menggratiskan biaya kuliahnya.

•    Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Ststistik. Para mahasiswa STIS biasanya mendapatkan uang saku sebesar Rp. 850.000 tiap bulannya. Lokasi kampus STIS ini berada di Jakarta.

•    Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS-STEM)

Akademi ini berada di bawah naungan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Kolasi kampus akademi ini di Jawa Tengah, tepatnya di daerah Cepu.

•    Sekolah Tinggi Multi Media Training Center (MMTC)

MMTC berada di bawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI atau Kominfo. Lokasi sekolah tinggi ini berada di Yogyakarta.

•    Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Lembaga Sandi Negara. Lokasi kampusnya berada di Bogor.

Itulah sebagian kecil dari daftar perguruan tinggi kedinasan gratis biaya kuliah. Sebenarnya masih banyak perguruan tinggi kedinasan lain yang menggratiskan biaya kuliah. Anda dapat mencari informasinya pada website-website kementrian atau lembaga negara yang ada.

Selanjutnya : Resep Ayam Sederhana untuk Anak-anak Penyuka Rasa Manis
Sebelumnya: Kegunaan Pipa Tembaga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar