Daftar Peringkat Universitas di Indonesia Berdasarkan Akreditasi BAN-PT


Daftar peringkat universitas di Indonesia berdasarkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mensejajarkan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan universitas top tanah air macam UGM, UI, atau ITB.

UMY, UMM, dan UII adalah tiga universitas swasta yang mempu miliki akreditasi A. Universitas swasta lainnya macam Universitas Atmajaya atau Universitas Pelita Harapan misalnya, keduanya hanya miliki akreditasi B. Untuk grade akreditasi A universitas-universitas di Indonesia menurut BAN-PT adalah sebagai berikut:

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Swasta, akreditasi A).
  • Universitas Islam Indonesia (Swasta, akreditas A).
  • Institut Teknologi Bandung (A)
  • Institut Pertanian Bogor (A)
  • Universitas Gadjah Mada (A)
  • Universitas Indonesia (A)
  • Universitas Muhammadiyah Malang (Swasta, akreditas A)
  • Universitas Hasanuddin (A)

Jenis Akreditasi

Ada dua jenis akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT. Akreditasi pertama adalah diperuntukkan bagi program studi. Sedangkan akreditasi kedua diperuntukkan bagi institusi. Sedangkan akreditasi untuk tiga universitas swasta di atas (UMM, UII, UMY) adalah bagian dari institusi.

BAN-PT memerhatikan dua komitmen dalam pemberian akreditasi ke universitas. Komitmen tersebut yaitu efektivitas pendidikan serta kapasitas institusi sebagai lembaga pendidikan. Pemberian akreditasi ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kapasitas institusi yang dimaksud BAN-PT terkait dengan tujuh komponen. Komponen-komponen tersebut yakni eligibilitas, integritas, visi, misi, tujuan, serta saran, tata pamong, sistem pengelolaan, sumber daya manusia, sarana serta prasarana, keuangan, dan sistem informasi.

Sedangkan efektivitas menurut BAN-PT terkait dengan proses pendidikan dan kegiatan akademik. Ini termasuk kurikulum, penelitian, kemahasiswaan, karya ilmiah, lulusan serta mutu program studi dan lainnya.

BAN-PT mendata sekitar 3 ribuan universitas di Indonesia dan hanya 70-an dari perguruan tinggi ini mendapat label akreditasi institusi. Ini berarti masih banyak universitas-universitas di Indonesia yang belum mendapat pengakuan dari BAN-PT.

Jika menilik daftar akreditasi di atas bisa disimpulkan bila perguruan tinggi swasta kini setingkat dengan universitas negeri. UMM, UMY, dan UII memang dikenal miliki kualitas pendidikan dan mutu akademik baik dibanding perguruan tinggi swasta lain. Maka tak mengherankan bila ketiganya masuk daftar peringkat universitas di Indonesia berdasarkan akreditasi dengan grade A.

Selanjutnya : Makna Lambang Koperasi dalam Perekonomian Indonesia
Sebelumnya: Karena Sabar Membuahkan Hasil Yang Baik Menurut Al Qur’an
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar