Dalil Belajar untuk Anak


Wajib belajar sembilan tahun kini sudah diubah menjadi wajib belajar dua belas tahun. Hal tersebut dikarenakan pentingnya ilmu pengetahuan untuk seseorang. Selain itu, dalil belajar untuk anak juga jelas tertulis. Meskipun aturan tersebut sudah jelas, sayangnya tidak semua anak mendapatkan hak untuk belajar.

Berbagai faktor yang menyebabkan anak tidak memperoleh pendidikan seperti yang seharusnya ia terima. Faktor pertama adalah karena faktor biaya. Anak yang putus sekolah karena biaya pendidikan yang semakin mahal, menjadi pembicaraan yang jika diibaratkan sudah basi.

Pemerintah yang harusnya menjamin semua itu. Namun, pada kenyataanya anak yang tidak mempunyai biaya, tidak akan memperoleh pendidikan.

Belum lagi para koruptor yang mengambil uang rakyat, yang jika semua itu digunakan, tentus aja dapat membantu anak-anak yang tidak dapat bersekolah.

Kemudian, alasan lain kepada banyak anak yang tidak mendapatkan haknya dikarenakan niat dari anak itu sendiri. Orang tua dengan susah payah mencari uang, agar anak bisa bersekolah setinggi-tingginya.

Namun, apa daya karena pergaulan, banyak anak yang kemudian memilih untuk berhenti dari sekolah dan bermain dengan teman-temannya. Tipe anak yang seperti ini adalah tipe anak yang tidak takut kepada orang tua dan tidak mematuhi orang tua.

Apa yang dikatakan oleh orang tua, agar ia menyelesaikan sekolahnya, diabaikan begitu saja. Kemudian, alasan yang ketiga, justru karena alasan dari orang tua sendiri.

Anak ingin sekolah, namun orang tuanya malah menyarankan anaknya untuk mencari uang saja, dengan cara mengemis ataupun mengamen. Sungguh hal yang sangat disayangkan.

Anak yang sudah mendapatkan pendidikan sendiri juga tidak terlepas dari masalah. Contohnya, orang tua kerap menemui anak yang tidak mau belajar dikarenakan malas. Melihat yang demikian, orang tua haruslah memberi pengertian dan pengarahan kepada anak agar anak mau belajar dengan rajin.

Selain anak-anak, orang dewasa terkadang juga tidak mau menyelesaikan pendidikannya. Orang dewasa yang demikian, boleh diberikan dalil belajar untuk anak ataupun dewasa agar ia tahu betapa pentingnya belajar.

Selanjutnya : Bahan Psikotropika Ekstasi dan Shabu
Sebelumnya: Konsep Terjadinya Penyakit dari Efek Merokok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar