Dalil Perintah Sholat


Dalil perintah sholat sudah sangat jelas tertuang dalam Al Quran. Sholat adalah salah  satu rukun dari rukun Islam di mana hal ini menunjukan bahwa sholat adalah pilar utama dalam ajaran Islam.

Sholat yang dimaksudkan adalah perintah melakukan sholat lima waktu. Rasul SAW menerima perintah sholat ini di waktu beliau mengalami peristiwa Mi’raj yaitu perjalanan ke langit ke tujuh dan bertemu langsung dengan wujdu Allah.

Dalil Al Quran yang menyebutkan perintah mengenai kewajiban sholat adalah ayat yang terdapat di dalam surat Al Baqoroh ayat 43, Ibrahim ayat 31, thaha ayat 14, Thaha ayat 132, dan surat Al Ahzab 133.

Jika kita mencari lagi tentunya masih banyak ayat lain yang menunjukan kewajiban akan perintah sholat.

Di dalam semua ayat yang telah disebutkan di atas, telah dijelaskan bahwa perintah kewajiban sholat dinyatakan dengan kalimat “tegakkanlah sholat”.

Hal ini karena memang di dalam ajaran islam, sholat ibarat sebuah kepala atau inti dari ajaran agama Islam. Jika sudah menjalankan sholat dengan baik maka akan baik pula pelaksanaan ajaran Islam yang lain.

Perintah mengenai kewajiban sholat juga disebutkan di dalam beberapa hadits Rasul. Salah satunya adalah hadits riwayat Muslim menjelaskan bahwa umat muslim yang meninggalkan sholat adalah ebuah batasan antara kesyirikan dan juga kekafiran dari seorang umat muslim.

Hal tersebut tertulis dalam Hadist Riwayat Muslim no. 27. Hal ini memang menunjukan bagaimana kedudukan sholat di dalam ajaran islam di mana sampai menjadi pembatas antara kemusliman dengan kekafiran.

Maka dari itulah dengan merujuk pada semua dalil akan kewajiban sholat di atas, kewajiban sholat ini harus dilakukan selama nafas masih melekat di dalam diri kita.

Bahkan, untuk lebih menegaskan lagi kepentingan dari pelaksanaan sholat itu sendiri, ajaran Islam memberikan banyak keringanan atau ruksyah bagi siapa saja yang merasa berat untuk menjalankan atau mengalami hambatan untuk sholat.

Sebut saja syariat sholat jamak dan qoshar ketika berada di dalam perjalanan, tayamum ketika tidak ada air atau dalam keadaan sakit, dan sholat dengan duduk atau tidur ketika sakita berat. Itulah bagaimana dalil perintah sholat telah menetapkan kewajiban kita untuk menjalankan sholat.

Selanjutnya : Pentingnya Industri Agrokimia
Sebelumnya: Penjelasan Hutan yang Penting untuk Keberlangsungan Ekosistem
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar