Daftar Dampak Banjir Terhadap Lingkungan Hidup

Dampak banjir terhadap lingkungan hidup semakin terasa saat ini. Menurut para pakar ilmu alam, banjir terbagi menjadi (dua) jenis bila ditilik dari penyebabnya. Yang pertama yakni banjir yang murni terjadi karena fenomena alam. Banjir jenis ini tidak ada kaitannya dengan ulah tangan manusia. Sedangkan banjir yang kedua adalah banjir yang disebabkan oleh kesalahan manusia dalam mengelola alam lingkungan.

Contoh banjir karena fenomena alam misalnya banjir yang terjadi karena hujan deras yang tak berhenti selama beberapa hari. Sedangkan banjir karena ulah manusia misalnya banjir yang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia seperti banjir tahunan di Jakarta. Banjir ini muncul karena beberapa faktor kesalahan manusia, sebut saja penggundulan hutan, tata kelola kota yang salah, pembangunan perumahan dan gedung yang menyalahi kebijakan, berkurangnya luas daerah serapan air dan sebagainya.

Dampak Banjir Terhadap Lingkungan Sekitar

Berikut ini beberapa dampak banjir terhadap lingkungan sekitar antara lain:

1. Pencemaran lingkungan

Banjir umumnya membawa muatan lumpur, bebatuan, sampah plastik, kayu, logam dan lain-lain. Saat banjir telah reda maka akan terlihat sampah di mana-mana. Bau dari lumpur banjir pun cukup menyengat di hidung. Butuh usaha keras berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk mengembalikan sebuah wilayah yang terkena banjir menjadi seperti kondisi sebelumnya.

2. Rusaknya prasarana umum

Banjir dalam volume yang besar akan merusak prasarana umum seperti jalan, jembatan, kantor dinas pemerintahan, tempat ibadah dan lain sebagainya. Tentu saja kerugian yang diderita oleh masyarakat sangatlah besar, misalnya saja jalanan atau jembatan yang rusak akan berpengaruh pada terhambatnya aktivitas ekonomi di suatu daerah.
Bangunan sekolah yang rusak juga menghentikan aktivitas belajar bagi para siswa dan siswi yang masih menempuh pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan yang cepat bila terjadi banjir di sebuah wilayah, dengan melibatkan banyak elemen terkait.

3. Longsor dan erosi

Banjir terkadang menggerus tanah dengan sangat cepat, maka sudah wajar jika banjir kemudian diikuti bencana tanah longsor. Bencana tanah longsor sangat berbahaya bagi nyawa dan keselamatan penduduk sekitar, karena kejadiannya sangat cepat dan langsung menimbun permukaan tanah yang berada di bawah.

Mencegah banjir dapat dilakukan mulai sekarang, yaitu dengan membiasakan diri untuk peduli terhadap kondisi lingkungan. Terutama pada masalah kebersihan, kelestarian hutan dan gunung, ataupun pemberlakuan aturan pendirian bangunan yang ramah lingkungan. Semoga artikel dampak banjir terhadap lingkungan ini dapat berguna banyak bagi pengunjung sekalian!

Loading...
Selanjutnya : Contoh Revisi Novel dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan
Sebelumnya: Mengenal Contoh Puisi Lama Soneta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar