Dampak Eceng Gondok Yang Mendapat Banyak Pupuk di Areal Persawahan

Dampak eceng gondok yang mendapat banyak pupuk diantaranya adalah pertumbuhannya yang semakin massif atau meluas di daerah habitatnya. Area persawahan adalah salah satu habitat tempat hidup dan berkembang biaknya eceng gondok.

Pada area ini sudah tentu ada banyak pupuk yang digunakan untuk memacu pertumbuhan padi agar tumbuh dengan baik. Zat pemacu pertumbuhan yang terdapat dalam pupuk juga bisa memacu pertumbuhan gulma yang ada termasuk eceng gondok. Inilah sebabnya, eceng gondok pun akan terkena pengaruh dari pupuk yang ada sehingga pertumbuhannya pun semakin banyak dan meluas.

Loading...

Tidak hanya di area persawahan, eceng gondok juga banyak juga ditemukan di sungai ataupun danau. Mungkin bisa juga disebabkan aliran air dari sawah juga mengandung bagian-bagian pupuk sehingga gulma (eceng gondok) yang terdapat di sungai atau danau juga bertambah semakin banyak dan meluas, bahkan tidak jarang hingga menutupi sebagian besar permukaan airnya.

Eceng gondok memang merupakan gulma yang mempunyai dua sisi, yaitu kerugian dan keuntungan. Eceng gondok merugikan karena dianggap sebagai pengganggu air, gulma jenis ini bisa menghilangkan 4 kali banyaknya air yang ada dipermukaan sehingga tidak heran jika suatu kawasan sudah ditutupi oleh eceng gondok akan mengalami pendangkalan.

Meskipun sudah dibersihkan, tanaman ini akan dengan cepat tumbuh dan menutupi kembali permukaan tanah. Hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk eceng gondok agar bisa menutupi lebih dari setengah permukaan perairan tempat berkembangnya.

Pertumbuhan eceng gondok yang amat pesat ini akhirnya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Itulah sebabnya eceng gondok juga dianggap bermanfaat dan memiiki kegunaan. Pemanfaatan eceng gondok menjadi meluas tidak hanya skala kecil, namun juga dimanfaatkan hingga skala industry seperti berikut :

  1. Eceng gondok dimanfaatkan untuk mengolah limbah rumah tangga dan domestic.
  2. Eceng gondok juga bisa menyerap logam berat yang mencemari perairan sebagai buangan dari limbah pabrik, industry dan sebagainya.
  3. Eceng gondok dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan kertas, furnitur, peralatan rumah tanga, bahan baku pupuk dan pakan ternak

Informasi mengenai dampak eceng gondok yang mendapat banyak pupuk ini semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman bahwa di antara kerugian yang ditimbulkannya, eceng gondok juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia.

Loading...
Selanjutnya : Baca Komik Online Serial Misteri
Sebelumnya: Motivasi Diet Berhasil, Jangan Berhenti Sebelum Ada Hasil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar