Dampak Energi Dari Fosil Bagi Udara, Iklim Dan Perairan


Dalam kehidupan kita sehari-hari hampir semua kebutuhan barang dan energi yang kita pakai berasal dari energi fosil seperti pembangkit listrik ataupun bahan bakar untuk alat transportasi, atau konversi dari energi fosil seperti kebutuhan alat rumah tangga, industri dan lain sebagainya. disadari atau tidak dampak energi dari fosil ini berdampak buruk dan telah banyak di rasakan banyak orang, bagi yang belum tinggal menunggu giliran untuk merasakannya selain itu dampak burukpun akan terjadi lingkungan

Dampak buruk tersebut dikarenakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara ataupun gas alam mengandung karbon yang tinggi. Diketahui bahwa karbon merupakan unsur yang bersenyawa dengan oksigen, tanpa warna, tidak larut dalam air dan tidak bias terbakar. Apabila karbon tersebut bersenyawa dengan oksigen maka akan terbentuklah karbon dioksida.

Dampak buruknya akan segera dimulai dari sini, diketahui bahwa karbon dioksida merupakan penyumbang terbesar pada pemanasan global karena karbon dioksida ini merupakan gas yang diistilahkan gas rumah kaca yang akan meningkatkan radiasi sehingga suhu yang berada dipermukaan bumi menjadi meningkat. Secara keseluruhan, aktifitas eksploitasi dan penggunaan sumber energi fosil ini berakibat buruk terhadap lingkungan hidup.

Terhadap Udara dan Iklim

Penggunaan bahan bakar fosil akan menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan asam ini berdampak pada tanah dan perairan (danau dan sungai) ikut terbawa menjadi asam, sehingga jika airnya digunakan untuk tanaman akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman tersebut. Untuk perairan, hujan asam asam ini akan menggangu makhluk hidup yang ada di dalamnya. Selain itu hujan asam juga akan menyebabkan cepat rusaknya bangunan karena dapat menyebabkan karat dan cepat lapuk.

Selain itu buangan dari sisa pembakaran energi fosil ini berakibat pada pemanasan global yaitu kenaikan suhu pada permukaan umi. Pemanasan global ini akan berdampak pada perubahan iklim.

Terhadap Perairan

Kebocoran atau kecelakaan kapal tanker, pembuangan minyak pelumas, pembuangan limbah pabrik ke sungai dan laut, semua itu kesalahan manusia yang dampaknya akan menyebabkan pencemaran air, matinya biota laut dan akhirnya akan berdampak buruk pula pada manusia

Masih banyak dampak dari energi fosil ini untuk dirasakan, untuk itu diperlukan pengertian dan kebijaksanaan dalam penggunaan energi fosil ini sehingga dampak buruknya tidak terlalu dirasakan.

Selanjutnya : Baca Manga Perempuan
Sebelumnya: Sepatu League Biasa Ace Dan Energy
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar