Positif dan Negatifnya Dampak Interaksi Sosial bagi Kehidupan Manusia


Dampak interaksi sosial bagi kehidupan manusia dapat dikatakan memiliki dua sisi yang berbeda, interaksi sosial dapat menimbulkan kerjasama akan tetapi interaksi sosial juga dapat menimbulkan perpecahan. Berikut ini dampak interaksi sosial yang dapat menimbulkan kerjasama yaitu :

a.  Kerjasama

Kerjasama merupakan bentuk utama dari proses interaksi sosial. Bila kita melihat di masyarakat pedesaan yang masih kental budayanya, kerjasama gampang sekali dilihat. Misalnya saja untuk pekerjaan besar dan menyangkut kepentingan umum biasanya dilakukan secara bergotong royong, misalnya saja membuat jalan, membangun rumah ibadah, memperbaiki bendungan yang jebol dan lain sebagainya.

Untuk daerah pedesaan kerjasama ini terkadang masih bisa kita saksikan misalnya, menjaga keamanan suatu wilayah, membersihkan sebuah lingkungan, dan membersihkan tempat ibadah lain-lain. hanya saja tidak seperti kerjasama yang ada di masyarakat kota.

b.  Akomodasi

Istilah akomodasi merupakan sebuah proses berupa penyesuaian sosial guna menghentikan perselisihan. Di setiap akomodasi masing-masing berpihak yang berselisih berupaya berakomodasi menghilangkan pemisah yang menyebabkan perselisihan. Misalnya dua kelompok yang bertikai kemudian mengadakan perdamaian.

c.  Akulturasi

Akulturasi merupakan proses sosial yang secara lambat di mana suatu kebudayaan menerima nilai atau unsur dari kebudayaan luar yang bisa diterima yang tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan sendiri atau kebudayaan lokal. Contoh akulturasi kebudayaan Hindu dan Islam pada masyarakat Jawa berupa acara selamatan kematian, kenduri dan lain sebagainya.

Selain menghasilkan kerjasama, interkasi sosial juga bisa menghasilkan perpecahan, misalnya saja :

a.  Persaingan

Persaingan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk meraih kemenangan ataupun hasil yang lebih tanpa mengakibatkan konfrontasi fisik. Contohnya, persaingan bisnis, persaingan untuk menjadi bupati sampai persaingan untuk mendapatkan seorang gadis. Pada dasarnya persaingan dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu persaingan sehat dan persaingan tidak sehat.

b.  Kontroversi

Kontroversi sesungguhnya posisinya berada di tengah-tengah antara persaingan dengan konflik. Efek yang dimunculkannya berupa rasa tidak suka, dendam, kebencian dan lain-lain.

c.  Konflik

Konflik merupakan interaksi sosial yang disebabkan adanya perbedaaan paham dan adanya kepentingan yang prinsip, sehingga perbedaan inilah yang menimbulkan gesekan konflik.

Demikian beberapa dampak interaksi sosial bagi kehidupan manusia yang tidak hanya dapat menimbulakn dampak positif tapi juga menimbulkan dampak negatif.

Selanjutnya : 3 Orang Tercantik di Dunia
Sebelumnya: Jenis-jenis Mesin Cuci Elektrolux dengan Berbagai Keunggulannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar