Dampak Kebudayaan dari Cara Berpakaian

Dampak kebudayaan dari cara berpakaian bisa kita lihat dari gaya berpakaian anak muda zaman sekarang. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang mempermudah masuknya budaya asing ke Indonesia. Dampak dari akulturasi ini tidak hanya memengaruhi industri hiburan Indonesia tetapi juga merambah gaya berpakaian generasi muda.

Sangat miris melihat cara berpakaian anak muda sekarang yang lebih banyak meniru budaya asing. Mereka dengan santai menggunakan pakaian yang minim bahan (kekurangan bahan) sehingga meperlihatkan bagian tubuh mereka yang seharusnya ditutupi dan tidak dipamerkan pada semua orang. Padahal, cara berpakaian seperti itu sangat bertentangan dengan budaya kita. Ini merupakan salah satu contoh bahwa tidak semua budaya asing yang masuk membawa pengaruh positif.

Loading...

Dampak kebudayaan dari cara berpakaian yang masuk ke Indonesia menyebabkan fashion Indonesia juga berkembang dengan pesat. Perkembangan fashion  yang begitu cepat membawa dampak psitif dan juga negatif bagi generasi muda yang sedang mencari jati diri.

Dampak Negatif

1.   Norma kesopanan mulai terkikis. Remaja lebih suka mengikuti gaya berpakaian yang serba terbuka sehingga hampir sebagian besar tubuh mereka tidak ditutupi dan mudah “dokonsumsi” banyak orang. Bahkan cara berpakaian seperti ini bisa ditemukan di mana saja, termasuk di sekolah. Padahala seharusnya sekolah menjadi wadah penanaman norma-norma sosial yang berlaku di bangsa ini. Dengan demikian, norma kesopanan yang kita anut mulai terkikis.

2.   Image buruk terhadap pelajar. Cara berpakaian dengan meniru budaya luar yang sering ditampilkan oleh pelajar melalui layar kaca menjadi model bagi pelajar Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan pelajar sekarang kehilangan norma kesopanan, tetapi justru image buruk terhadap pelajar semakin tinggi.

3.   Kehilangan identitas/jati diri. Perkembangan fashion yang begitu cepat akan membuat mereka yang selalu terpengaruh dengan cara berpakaian yang sedang tren akan kehilangan jati diri. Mereka tidak lagi menjadi diri sendiri, tetapi berusaha untuk selalu mendapat jati diri baru melalui perkembangan fashion yang terus diikuti.

4.  Konsumtif dan boros. Cara berpakaian yang meniru kebudayaan asing ini akan menguras dompet, apalagi bagi cewek. Cewek sering dengan mudah membuang uang hanya untuk mengikuti tren dengan alasan biar bisa tampil cantik dan menarik. Alasan ini kemudian membuat mereka menjadi konsumtif dan boros. Padahal, kecantikan sesungguhnya dari dalam diri seseorang.

5.    Rendah diri.

Dampak Positif

Kreatif dan Unik. Dampak kebudayaan dari cara berpakaian akan  membawa nilai positif jika menyikapinya juga dengan cara yang positif. Tidak semua model pakaian yang disuguhkan budaya asing diambil begitu saja. Banyak juga cara berpakaian yang sopan dan bersahaja yang bisa ditiru dari budaya luar yang bisa membuat Anda menjadi kreatif dan bisa tetap tampil unik tanpa harus menghilangkan norma-norma yang dianut.

Demikian dampak kebudayaan dari cara berpakaian yang semakin kental di lingkungan kita. Ada dampak positif dan dampak negatif yang bisa mempengaruhi kita. Untuk itu, sebelum semakin terpengaruh dengan perkembangan fashion saat ini, cobalah untuk kenali diri Anda sendiri, sehingga Anda tidak terjebak pada dampak negatif yang akan terjadi.

Loading...
Selanjutnya : Teliti Membeli Lcd Second 15 Inch
Sebelumnya: Informasi Seputar Harga Monitor Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar