Inilah Dampak Kerusakan Hutan Hujan Tropis


Globar warming atau pemanasan global kini menjadi istilah yang akrab di telinga kita. Suhu bumi yang meningkat dan perubahan iklim secara ekstrim adalah salah satu dampak kerusakan hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis sendiri adalah hutan yang berlokasi di daerah yang memiliki iklim tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi. Hutan hujan tropis ini biasanya cukup lebat dan terdapat di negara-negara yang berada di kawasan tropis, seperti Indonesia, Brazil, Kongo, dan Papua Nugini.

Keberadaan hutan hujan tropis ini sangat penting, mengapa? Hutan hujan tropis adalah salah satu penghasil oksigen terbesar di bumi, sehingga sering dijuluki sebagai paru-pariu dunia. Selain itu, hutan hujan tropis ini juga berfungsi sebagai penyimpan air sekaligus menjaga keseimbangan iklim di bumi. Sayangnya, saat ini hutan hujan tropis telah banyak yang rusak dan mengakibatkan dampak yang serius bagi kehidupan di bumi.

Kerusakan hutan hujan tropis ini sebagian besar memang disebabkan oleh ulah manusia yang menebang hutan untuk diambil kayunya atau membuka lahan hutan untuk industri. Kegiatan ini tidak diimbangi dengan program reboisasi atau penghijauan kembali hutan yang ditebang, sehingga hutan hujan tropis pun rusak. Salah satu dampak kerusakan hutan adalah pemanasan global atau global warming yang membuat suhu bumi semakin panas. Suhu bumi yang kian panas ini menyebabkan es yang berada di kutub mencair dan menyebabkan ketinggian air laut naik.

Selain itu, dampak kerusakan hutan hujan tropis ini juga menyebabkan perubahan iklim yang cukup ekstrem, karena peran sebagai salah satu penyeimbang atau pengatur iklim di bumi telah rusak. Tak hanya itu, rusaknya hutan hujan tropis ini membuat kandungan oksigen yang ada di udara berkurang dan hal ini merugikan mahluk hidup.

Selain itu, dampak kerusakan hutan hujan tropis ini juga menyebabkan banjir di wilayah sekitarnya, mengapa? Karena hutan hujan tropis yang berfungsi untuk menahan air hujan telah rusak, sehingga air tak terserap dan tak mampu ditampung oleh sungai, sehingga terjadilah banjir yang merugikan. Tak hanya itu, kerusakan hutan hujan tropis ini juga menyebabkan semakin langkanya sumber air ketika musim kemarau, karena hutan hujan tropis yang berperan untuk menyimpan air telah rusak.

Selanjutnya : Perempuan dan Tanda-tanda Menstruasi
Sebelumnya: Sopan dengan Pakaian Pegawai Sekretaris Wanita Modis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar