Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup Terhadap Kehidupan Manusia


Manusia dengan lingkungannya memiliki hubungan timbal balik. Apa yang dilakukan manusia pada lingkungannya akan kembali lagi pada manusia tersebut, entah dalam bentuk yang sama, maupun dalam bentuk yang lebih baik. Fenomena yang kerap kita jumpai di media adalah maraknya isu perusakan lingkungan yang justru dilakukan oleh orang-orang berpendidikan. Padahal, dampak kerusakan lingkungan hidup terhadap kehidupan manusia sangat besar jika hal ini terus menerus dilakukan.

Kesadaran yang rendah akan pentingnya melestarikan lingkungan menjadi salah satu pemicu orang-orang melakukan tindakan perusakan lingkungan. Kerusakan tersebut bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan tempat tinggal, misalnya saja membuang sampah sembarangan, menggunakan kendaraan pribadi seenaknya, dan menebang pohon secara liar.Jika kerusakan dilakukan dengan skala kecil, untuk memperbaikinya tentu tidak diperlukan usaha yang begitu sulit, namun jika kerusakan lingkungan terjadi dalam skala besar, tentu akan sulit untuk mengembalikannya seperti semula.

Manusia memang tidak bisa dilepaskan kebergantungannya dari alam. Jika lingkungan hidup rusak, keseimbangan kehidupan akan terganggu. Misalnya saja tumbuhan yang terus-menerus ditebang tanpa ada langkah penanaman kembali akan mengurangi populasi pohon yang dampaknya akan mengurangi suplai oksigen bagi manusia.

Kerusakan yang terjadi juga tidak hanya terbatas pada tumbuhan yang ditebang karena tanah pun juga menjadi rusak. Tanah yang sudah tidak memiliki tumbuhan di atasnya sebagai penyerap air hujan  akan mengalirkan air secara langsung tanpa menyerapnya terlebih dahulu. Akibatnya, tanah dengan mudah terbawa air sehingga menyebabkan erosi, bahkan tanah longsor.

Kerusakan lingkungan hidup juga dapat ditemukan pada sungai. Kesadaran yang rendah akan pentingnya membuang sampah di tempatnya membuat sungai menjadi tempat pembuangan sampah, sehingga aliran air yang seharusnya bisa lancar menjadi tersendat karena timbunan sampah. Akibatnya, ketika hujan deras, air sungai meluap dan terjadilah banjir.

Melihat ada banyak dampak kerusakan lingkungan hidup terhadap kehidupan manusia diatas, sejak dini kita harus memupuk kesadaran bahwa jika bukan kita yang peduli terhadap lingkungan, maka lingkungan akan semakin rusak dan tidak hanya kita ataupun keluarga, tetapi semua penduduk bumi akan menjadi korban.

Selanjutnya : Vitamin Herbal
Sebelumnya: Perbedaan Sistem Ekskresi Manusia, Belalang, dan Cacing Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar