Dampak Lapisan Ozon Bisa Berlubang bagi Kesehatan Manusia


Dampak lapisan ozon berlubang bagi kesehatan manusia bukan lagi menjadi hal yang menghebohkan. Sejak beberapa tahun lalu, ketika tersiar kabar bahwa lapisan ozon bumi menipis karena adanya global warming, manusia semakin hari semakin rentan pada penyakit. Disadari atau tidak, saat ini jenis penyakit semakin bertambah.

Parahnya, kesehatan manusia yang paling terlihat adalah adanya penyakit kanker kulit. Untuk melindungi kulit dari sinar ultaviolet yang tidak tersaring oleh ozon, kita memperlukan asupan makanan atau minuman guna membantu kulit melawan serangannya. Misalnya dengan mengonsumsi jeruk, pepaya, lemon, bengkoang, apel, dan anggur.

Penyebab Bolongnya Ozon

Bolongnya ozon dipengaruhi oleh banyak hal. Selain karena faktor usia bumi yang kian menua, kita sebagai makhluk yang tinggal di dalamnya kerap melupakan “kesehatan” bumi. Penggunaan spray dalam bentuk parfum atau apa pun yang dihasilkan dari alat spray, akan memicu penipisan ozon. Selain itu, banyaknya rumah kaca mempercepat penipisan ozon. Perlu kita sadari bahwa ozon sangat penting bagi kehidupan. Salah satu fungsi ozon adalah menyaring sinar matahari yang merugikan layaknya ultraviolet. Jika ozon bolong, maka cahaya matahari tidak dapat disaring, sehingga bumi semakin kacau.

Dampak Negatif Ozon Berlubang

Banyak sekali kerugian yang dialami oleh umat manusia akibat ozon berlubang. Selain kanker kulit, penyakit katarak semakin meningkat. Penyakit yang berhubungan dengan pernapasan juga kian meningkat. Populasi plankton juga semakin terancam punah, sehingga memengaruhi rantai makanan selanjutnya.

Bagaimana Menyelamatkan Bumi?

Tentu saja sebagai manusia yang merasa bertanggung jawab atas “kesehatan” bumi, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam karena pengaruh bolongnya lapisan ozon. Tindakan itu misalnya dengan mengurangi bahkan menghindari penggunaan spray dalam kehidupan sehari-hari, menanam tanaman hijau, mengurangi polusi udara dengan tidak membakar barang pada malam hari, dan beragam aktivitas yang mengurangi tingkat penipisan lapisan ozon.

Banyak penelitian yang berusaha menghambat bahkan menghentikan penipisan ozon. Ini membutuhkan kerja sama yang luar biasa antarmanusia. Karena perubahan besar demi “kesehatan” bumi bukan hanya tanggung jawab sebuah instansi, melainkan semua makhluk berakal yang tinggal di dalam bumi.

Demikian sedikit ulasan mengenai dampak lapisan ozon berlubang bagi kesehatan manusia. Semoga bumi kita dapat segera pulih sehingga dapat melindungi kita dari ancaman penyakit.

Selanjutnya : Hotel Murah Dekat Gunung Bromo
Sebelumnya: Contoh Surat Pribadi Bersifat Kekeluargaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar