Dampak Limbah Industri Terhadap Udara

Dampak limbah industri terhadap udara sudah jamak diketahui oleh masyarakat. Asap yang dikeluarkan oleh pabrik sebagai residu dari pengolahan yang dilakukan untuk memproduksi sesuatu sudah sering mendapat tanggapan negatif dari masyarakat.

Hal ini karena asap yang merupakan limbah industri memberikan dampak buruk bagi masyarakat terutama masyrakat yang tinggal di sekitar pabrik.

Dampak buruk yang dirasakan tidak hanya dalam hal kesehatan saja, tetapi juga berkaitan dengan faktor estetika.
Dalam hal kesehatan, asap pabrik yang tidak tertangani dengan baik yang terhirup atau mengenai manusia menyebabkan beberapa hal, antara lain:

•    Penyakit Asma

•    Iritasi ringan terhadap mata. Iritasi mata disebabkan oleh banyak hal dan salah satunya adalah terpapar oleh debu atau kotoran yang terjadi dalam waktu yang lama.

Sedangkan dalam hal estetika, asap pabrik yang dikeluarkan dari cerobongnya yang tidak terkendali menyebabkan udara menjadi kotor dan ini tentu akan terhirup oleh manusia yang akhirnya berdampak buruk bagi paru-paru.

Selain itu juga, lingkungan sekitar menjadi kurang bersih lagi. Banyak penduduk sekitar pabrik yang mengeluhkan warna putih pakaian mereka menjadi tidak putih cemerlang lagi karena terpapar udara yang kotor.

Mengapa limbah industri bisa dikatakan mencemari udara dan berbahaya bagi lingkungan sekitar? Salah satu alasannya adalah karena partikel-partikel yang dibawa oleh asap bersifat berbahaya. Misalnya Timbal (Pb) dan CO atau Karbon monoksida.

Karbon monoksida merupakan senyawa gas yang tidak memiliki bau dan warna dan gas ini mudah bercampur sehingga berbahaya bagi sistem kesehatan.

Apa yang perlu dilakukan agar pencemaran udara tidak merusak bagi tubuh? Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperkuat imun tubuh sehingga bakteri dan virus akibat udara kotor tidak mudah masuk ke dalam system tubuh. Untuk memperkuat imun tubuh, bisa dilakukan dengan berolahraga dan menjaga asupan makanan yang sehat bergizi.

Demikian pembahasan singkat mengenai dampak limbah industri terhadap udara dan hubungannya dengan efek negatif yang menganai manusia.

Sangatlah sulit membuat udara menjadi bersih seperti sedia kala. Ada banyak hambatan yang menghalanginya untuk membuat udara bersih. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga dan melindungi diri kita sendiri dari bahaya yang mengancam. Karena bagaimanapun, manisnya hidup kita yang menentukan.

Loading...
Selanjutnya : Pembahasan dalam Latar Belakang Masalah pada Tesis
Sebelumnya: Pembagian Iklim Hujan Tropis Menurut Koppen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar