Dampak Narkoba terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

Narkoba sudah dikenal sebagai barang haram yang harus dihindari. Hal ini karena dampak narkoba yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sayang, saat ini masih banyak orang yang mengonsumi zat-zat psikotropika tersebut. Ironisnya lagi, sebagian dari pemakai atau pencandu narkoba adalah anak-anak muda.

Narkoba adalah sekelompok zat atau senyawa yang apabila dikonsumsi akan menimbulkan candu atau ketagihan. Zat-zat ini tergolong berbahaya karena bisa menimbulkan efek samping negatif pada kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut ini adalah dampak negatif narkoba.

•  Narkoba adalah zat yang bekerja langsung pada sistem saraf. Zat-zat narkoba akan meningkatkan kinerja saraf secara berlebih. Bila narkoba terus dikonsumsi, sistem saraf tubuh pun pasti akan terganggu dan rusak.

•  Penggunaan narkoba dosis tinggi secara kontinyu akan merusak otak dengan cepat, minimal terjadi gangguan berupalemahnya daya ingat.

•  Berat badan akan terus menurun sebagai akibat dari hilangnya nafsu makan, sehingga tubuh menjadi kurus dan lemas tak bertenaga.

•  Ada macam-macam penyakit yang bisa disebabkan oleh narkoba. Contohnya adalah pecahnya pembuluh darah, meningkatkan resiko terkena serangan jantung, gangguan reproduksi, dan yang paling ditakuti adalah AIDS.

•  Dari segi mental, pengguna narkoba akan mengalami gangguan kejiwaan, seperti sering merasa gelisah, depresi, susah memusatkan perhatian, bahkan kerap berhalusinasi.

•  Pemakai narkoba biasanya juga memiliki emosi yang tidak stabil. Mereka menjadi sangat sensitif dan mudah marah. Mereka jadi mudah tersinggung dan mudah sedih akan sesuatu.

Bahaya narkoba memang menakutkan dan dampaknya tidak hanya meliputi kesehatan fisik dan mental saja. Ada beberapa dampak negatif lain yang juga timbul akibat mencandu narkoba. Sebagai contoh, meningkatnya tindak kriminal. Hal ini disebabkan para pencandu akan menggunakan segala cara untuk mendapatkan uang agar bisa membeli narkoba yang biasanya sangat mahal.

Narkoba pun tidak cuma menimbulkan efek buruk pada pemakainya, namun juga orang-orang sekitar. Ketika ada seseorang ketahuan mengonsumsi narkoba, si pemakai beserta keluarganya kerap mendapat cibiran masyarakat hingga akhirnya dikucilkan. Sanksi sosial seperti ini jelas terasa berat dan merugikan sekali bagi keluarga si pemakai.

Itulah beberapa dampak narkoba, baik terhadap kesehatan fisik dan mental maupun dampaknya pada orang-orang sekitar. Mari jauhi narkoba sekarang juga.

Loading...
Selanjutnya : Bagian-bagian Lambang Koperasi dan Maknanya
Sebelumnya: Sistem Parlementer adalah Ciri Pemerintahan Demokrasi Liberal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar