Dampak Negatif Dan Positif Dari Internet Bagi Anak-anak Pelajar


Internet kini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja. Anak-anak justru kini lebih banyak yang menggunakan internet sehari-hari. Padahal banyak juga dampak negatif dan positif dari internet bagi anak-anak pelajar ini. Coba lihat saja, warnet ataupun tempat penyedia game secara online, bisa dipastikan separuh dari pengunjungnya adalah anak-anak.

Sekarang ini banyak tugas sekolah yang memang harus dicari menggunakan internet.Guru di sekolah tertentu memang memberikan pelajaran tambahan seperti pengenalan komputer dan internet. Ini akan memberikan mereka pengetahuan juga pengenalan lebih melalui internet.

Berbicara tentang teknologi yang tanpa batas ini, internet tentunya memberikan dampak terhadap anak-anak. Dampak negatif dan positif dari internet bagi anak-anak pelajar ini, antara lain:

Dampak Positif

  • Anak-anak akan lebih terbuka wawasannya, mereka akan lebih cepat mengetahui berita yang terjadi atau mendapatkan informasi lainnya yang mereka ingin ketahui.
  • Anak-anak akan lebih paham dan “melek” akan teknologi. Memang, pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi sangat perlu di zaman yang serba canggih ini.
  • Dari menggunakan internet, anak-anak juga akan dapat mengeluarkan kreativitasnya seperti dalam megikuti berbagai perlombaan yang banyak ditawarkan secara online.
  • Anak-anak akan lebih mudah mencari semua data dan informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas sekolahnya.

Dampak Negatif

  • Anak-anak akan lebih mudah mencari dan mengakses semua isi yang ditawarkan di internet tanpa batasan. Tidak hanya sebatas pelajaran yang mereka cari saja, tapi juga informasi yang belum boleh mereka akses seperti situs dewasa yang belum boleh untuk dikonsumsi.
  • Anak-anak akan lebih memilih menghabiskan waktunya di depan komputer. Hal ini tentu saja akan berakibat pada pergaulan sosialnya yang terhambat. Mereka akan lebih jarang bermain bersama teman-temannya dan kurang berinteraksi dalam masyarakat.
  • Banyaknya data dan informasi yang mudah dicari lewat internet akan membuat anak-anak cenderung malas untuk berpikir. Mereka akan lebih memilih untuk mencontek isi dari informasi lewat internet tersebut ketimbang menuliskannya sendiri.

Bagimanapun juga, dampak negatif dan positif dari internet bagi anak-anak pelajar ini membutuhkan perhatian dan pengawasan dari orangtua. Tidak hanya perlunya pengawasan saat anak-anak sedang menggunakan internet, tetapi juga ikut menjelaskan penting dan tidaknya sebuah pengetahuan baru buat mereka. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Anatomi Sistem Pencernaan dan Fungsinya
Sebelumnya: Cerita Wayang Arya Bima dalam Bahasa Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar