Buruknya Dampak Penebangan Pohon


Manusia telah membuka hutan selama ribuan tahun untuk memenuhi beragam kebutuhan industri dan pertanian. Di negara maju, penebangan pohon paling sering terjadi sebagai akibat dari pembukaan lahan untuk pertanian. Dalam hal ini, sebagian besar lahan gundul akan berada di atau dekat lahan basah karena tanah yang sangat subur ditemukan di dalamnya.

Sementara daerah basah dan subur itu sendiri tidak mungkin apabila tidak dekat dengan hutan, hutan dataran tinggi di sekitar mereka sering dibersihkan untuk membuat jalan bagi lahan pertanian. Tentu saja kegiatan itu memiliki akibat tersendiri. Dampak penebangan pohon yang berlebihan dan tidak terkendali ini akhirnya akan berakibat buruk di kemudian hari.

Penebangan Pohon di Negara Berkembang

Di negara berkembang, hutan ditebang untuk sejumlah alasan yang berbeda. Rakyat berpenghasilan rendah sering menebang sebagian besar hutan untuk membakar kayu untuk pemanasan dan membuat arang.

Hutan juga ditebang untuk membuat jalan bagi operasi penambangan dan sering dilakukan oleh perusahaan di negara maju Selain itu, juga negara maju sering membakar hutan di negara berkembang demi penanaman komoditi hutan tunggal seperti Sawit.

Dampak Keseluruhan dari Penebangan pohon

Penebangan pohon tidak hanya memusnahkan variasi pepohonan. Bahkan, penebangan pohon merajalela dapat memiliki dampak negatif yang besar pada cara di mana fungsi hutan secara keseluruhan. Ini memiliki sejumlah dampak luas pada populasi liar dan manusia.

• Dampak pada tanah hutan memainkan peran utama dalam stabilitas tanah dan kesehatan secara keseluruhan tanah. Akar menjaga tanah bersama dipebuktian dan berfungsi sebagai semen perekat dapat mengurangi kemungkinan longsor mempengaruhi daerah-daerah sekitarnya.

Pohon juga memproduksi jumlah berlebihan bahan organik mentah yang memperkaya tanah di atas mana mereka berdiri. Penebangan pohon dan pengelolaan lahan yang tidak tepat dapat menyebabkan kurangnya keseluruhan tanah yang subur di hutan-hutan yang dapat menyebabkan sejumlah efek negatif.

• Dampak terhadap air pohon adalah bagian penting dari siklus air. Karena menguapkan air cair dan mengembalikannya kembali ke atmosfer. Pohon juga menyaring kontaminan keluar dari air selama proses ini.

Penebangan pohon sering dikaitkan dengan hilangnya kualitas air bersih. Ini memiliki dampak negatif terhadap ketersediaan air bagi populasi manusia dan hewan liar.

• Dampak perubahan iklim studi telah mengkonfirmasi bahwa dampak penebangan pohon memiliki dampak langsung pada kecepatan pada perubahan iklim yang berlangsung. Hutan memainkan peran kunci dalam penyerapan karbon dari atmosfer dan pepohonan dapat melepaskan akumulasi karbon ketika ditebang untuk membersihkan udara tercemar di atmosfer.

Selanjutnya : Inilah Dasar-dasar Menulis Berita yang Baik
Sebelumnya: Dampak Negatif IPTEK terhadap Para Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar