Dampak Perang Dingin bagi Dunia

Perang dalam bentuk apa pun membawa dampak positif dan negatif. Perang antarnegara berbuah permusuhan sehingga keadaan dunia menjadi kacau.

Perang Dingin
Perang dingin merupakan perang yang berwujud ketegangan karena terjadinya konflik, perbedaan ideologi, supremasi, maupun kasus-kasus lainnya. Dalam perang terdapat dua negara yang memimpin. Dari blok timur, perang ini dipimpin oleh Uni Soviet dan blok barat dipimpin oleh Amerika Serikat. Perang ini tidak pernah mempertemukan kedua negara tersebut. Namun, kedua negara ini hanya menjadi pendukung atau membantu menyelesaikan masalah atau kasus-kasus yang terjadi antarnegara. Kedua negara ini hanya berada di belakang negara-negara yang bersengketa. Amerika Serikat dan Uni Soviet hanya melakukan perang secara dingin. Kedua negara ini hanya saling memengaruhi negara yang sedang bersengketa agar terpengaruh dengan mereka dan melakukan peperangan tersebut.

Dampak Perang Dingin
Dampak perang dingin yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet adalah:

1.    Dalam bidang politik
Dalam hal politik kedua negara ini memang sudah mempunyai tujuan yang berbeda serta mereka selalu mencari berbagai cara agar banyak negara terpengaruh dan masuk ke dalam pengaruhnya. Amerika Serika selalu memengaruhi negara-negara yang sedang berkembang agar menjadi negara demokrasi. Hal ini bertujuan agar mereka dapat menjamin hak asasi manusia. Uni Soviet memproklamasikan kepada negara-negara lain bahwa Uni Soviet mempunyai rencana membangun negara dengan program lima tahun. Kedua pengaruh ini sangat berpengaruh terhadap negara-negara yang ada di dunia. Untuk itu, kita tidak perlu bingung lagi, mengapa saat ini banyak negara yang terpecah belah dan muncullah beberapa negara baru yang ada di dunia ini.

2.    Bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi, Amerika Serikat menjadi negara kreditor yang terbesar. Mereka menawarkan, negara-negara yang bergabung dengannya akan diberi pinjaman ekonomi. Terutama bagi negara-negara yang  berkembang. Hal ini tentunya mengakibatkan kerja sama ekonomi antara blok barat dan blok timur menjadi berhenti. Karena Amerika Serikat berada di blok barat, maka tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini perekonomian di blok barat lebih maju apabila dibandingkan dengan perekonomian di blok timur.

3.    Dalam bidang militer
Perang dingin dalam bidang militer ini bisa dilihat dari kedua blok ini yang memliki organisasi militer tersendiri yang akan digunakan untuk tetap mempertahankan negara-negara tersebut. Selain itu, tentunya mereka akan mengatasi apabila terjadinya perang antarnegara.

Demikianlah informasi mengenai dampak perang dingin bagi dunia.

Loading...
Selanjutnya : Standar Ukuran Membuat Lapangan Sepakbola
Sebelumnya: Kata Bijak Alquran dan Hadis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar