Dampak Positif Dan Negatif Menonton Tv Bagi Anak-Anak Dan Remaja


Media televisi (tv) merupakan gambar yang paling kompleks pada media ruparungu dwimatra dinamis (moving audiovisual media).  Pengaruh serta perannya sebagai media komunikasi visual memberikan efek yang luar biasa daripada jenis media massa lainnya. Pada era kebebasan media seperti sekarang ini perlu kebijaksanaan bagi diri terutama dalam menonton tv.  Dampak positif dan negatif menonton tv belum banyak di sadari oleh kita, berikut ini dampak positif dan negatif menonton tv .

Dampak Positif

  • Acara tv yang bersifat edukatif dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Misalnya acara anak petualangan si Bolang. Acara ini dapat memberikan pengenalan kepada anak akan daerah lain, adat istiadat, mengenal kehidupan masyarakat lain dan lain sebagainya. selain itu acara lain seperti animal planet, discovery channel, acara mengetahui proses pembuatan barang atau masakan dapat memberikan wawasan baru bagi penontonnya.
  • Acara yang kreatif dapat mengajak anak untuk ikut kreatif, misalnya acara bermain atau membuat mainan, acara masak memasak ala koki cilik, laptop si unyil, dan lain sebagainya.
  • Dapat menimbulkan rasa simpati dan memupuk jiwa sosial, sikap menghormati, dan toleransi. Misalnya acara kartun anak Upin ipin, krisna sang penolong, dan lain sebagainya.

Dampak Negatif

  • Menurut penelitian, anak yang terlalu banyak menonton DVD/Televisi akan berdampak pada kemampuan berbahasa yang rendah daripada anak atau bayi yang tidak menonton tv.
  • Masih menurut penelitian, anak yang sebelum 3 tahun sering menonton tv memiliki kemampuan yang rendah dalam mengenal angka dan huruf dibandingkan dengan anak yang jarang menonton tv.
  • Semakin sering menonton tv sebelum usia 3 tahun, semakin tinggi ia mengalami  masalah sebelum atau sesudah usia 7 tahun.
  • Masalah lain yang dapat terjadi pada anak yang sering menonton televisi,yait, bagi remaja akan rentan dengan pengaruh prilaku negatif seperti pornografi, prilaku agresif, gangguan pola makan, gangguan kesehatan sampai menurunnya prestasi dalam pendidikan.

Cara Menanggulangi

Meniadakan tv di kamar anak dan remaja, menghindari anak tontonan tv bagi anak di bawah 3 tahun. Jika harus menonton televisi hendaknya pelu didampingi orang tua, acara yang di tontonpun perlu di seleksi sebaik mungkin dan membuat anak mengenal dampak positif dan negatif menonton tv sejak dini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pengertian Ayat dalam Alquran
Sebelumnya: Aneka Macam Usaha Kecil Rumahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar