Definis, Penyebab, Cara Mencegah, Dan Dampak Rumah Kaca


Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar dampak rumah kaca? Pemanasan global? Mencairnya salju di kedua kutub bumi, utara dan selatan? Atau bangunan terbuat dari plastik untuk menanam berbagai jenis bunga potong? Jika itu yang Anda pikirkan, tentunya tidaklah salah, sebab semuanya berhubungan.

Pada mulanya, istilah rumah kaca memang benar-benar diperuntukan untuk rumah kaca yang digunakan untuk menanam bunga, agar suhu di dalam ruangan tetap hangat, namun kini, istilah tersebut lebih identik dengan meningkatnya suhu di permukaan bumi. Pertanyaannya, mengapa terjadi pergeseran makna? Lalu apa dampak rumah kaca bagi kehidupan makhluk hidup di bumi? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya. Berikut penjelasannya.

Dampak Rumah Kaca

Dalam ilmu pengetahuan alam, rumah kaca diidentikan dengan pemanasan global (global warming) atau meningkatnya suhu di permukaan bumi karena tingginya kadar karbondioksida atau gas buang ke udara sehingga merusak lapisan ozon.

Seperti kita ketahui, lapisan ozon berfungsi untuk menyaring sinar ultraungu atau sinar ultraviolet dari sinar matahari agar tidak langsung sampai ke permukaan bumi.Meningkatkan kadar karbondioksida dipermukaan bumi karena adanya berbagai macam aktivitas manusia, seperti asap kendaraan dan asap pabrik karena penggunaan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan, pembakaran hutan untuk lahan perkebunan, merokok, pembakaran sampah, maupun kebakaran rumah penduduk yang tidak disengaja.

Aktivitas lainnya adalah penggundulan hutan, mengubah lahan pertanian dan perkebunan menjadi area industri dan pemukiman. Pertanyaannya, mengapa hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya peningkatan suhu di bumi?

Logika sederhananya, dengan semakin berkurangnya lahan pertanian dan maraknya pengubahan hutan yang dialihfungsikan, maka jumlah tumbuhan yang mempunyai peranan untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen sebagai penyejuk udara menjadi berkurang, sehingga terjadi penumpukkan jumlah kadar karbondioksida di udara yang mengakibatkan rusaknya lapisan ozon.

Jika hal tersebut terjadi, berbagai macam bencana di muka bumi sudah diprediksi akan terjadi. Salah satunya adalah mencairnya salju di kutub utara dan selatan yang akan menyebabkan naiknya permukaan laut.

Bagi Anda yang pernah menonton film Water World atau The Day After Tomorrow mungkin itulah yang akan terjadi dengan bumi kita. Sungguh sangat tidak diharapkan bukan? Oleh karena itu mari kita jaga bumi kita, setidaknya dengan memelihara tanaman di pekarangan kita dan menghindari dampak rumah kaca.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Beberapa Contoh Sistem yang Dekat dengan Kehidupan Kita
Sebelumnya: Pencemaran Udara oleh Mikroba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar